Pasca Banjir, LPB-MDMC Pati Akan Melakukan Bantuan Berupa Rehabilitasi dan Rekontruksi

(Foto: Kokam dan Tim Relawan Muhammadiyah Pati saat turun di lokasi banjir beberapa waktu lalu)

Kabarpatigo.com - PATI - Muhammadiyah Pati melalui Lembaga Penanggulangan Bencana atau dikenal Muhammadiyah Disaster Management Center (LPB-MDMC) merapatkan barisan melalui daring zoom meeting dengan elemen Muhammadiyah dan relawan, Minggu (21/2/21).

Ketua LPB-MDMC Pati Ahmad Dawam menyampaikan, dalam rangka rehabilitasi dan rekonstruksi pasca banjir, LPB Muhammadiyah Pati sedang melakukan pengkajian dan penghitungan kerugian warga terdampak akibat bencana banjir yang baru saja berlangsung dalam dua pekan terakhir.

"LPB-MDMC Pati bekerjasama dengan lembaga keuangan Lazismu membentuk tim kaji cepat Rehabilitasi dn Rekontruksi. Hal tersebut dilakukan sebagai wujud kepedulian  persyarikatan dalam meringankan beban warga terdampak," kata Dawam.

Sekretaris Muhammadiyah Pati Taufiq menanggapi rencana LPB-MDMC Pati dalam rangka tanggap darurat berupa rehabilitasi/rekonstruksi pasca bencana banjir di beberapa wilayah di Pati.

"Hal ini penting dikarenakan saudara kita yang telah mendapatkan ujian banjir ini tentu masih membutuhkan bantuan dari kita semua," ujar Taufiq

Saat ini MDMC sedang memetakan bentuk bantuan yang tepat untuk korban banjir agar memiliki semangat setelah berminggu-minggu di tengah banjir yang melanda di beberapa wilayah.

Sebagaimana hasil yang disampaikan dalam rapat via zoom. Tim tanggap darurat ini akan bekerja dalam satu pekan, dimulai dengan assesmen di lapangan, diantaranya dengan mendata warga yang sakit, pemukiman warga yang perlu dibersihkan, dan rumah warga yang tidak layak huni.

Bentuk bantuan selama tanggap darurat MDMC dan relawan sampai pasca bencana lebih mengedepankan protokoler kesehatan sebagai wujud keteladanan melawan pandemi covid-19, yang menurut hasil evaluasi rapat tersebut hal ini sangat penting semangat di tengah pandemi.

"Janganlah lengah di tengah pandemi ini hanya gara-gara semangat membantu tapi lupa prokes," imbuh Taufiq.

Tim tanggap darurat terdiri dari berbagai unsur diantaranya LPB-MDMC, Satgas Tanggap Bencana Muhammadiyah, Tim Medis RS. Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah, Majelis Tabligh, dan Korbid PDM Pati. (aa)

#MuhammadiyahPati #SatgasMDMC #PKUMuhammadiyahPati

Komentar