Menggunakan E-Ujian, SD Muhammadiyah Pati Melaksanakan Ujian Sekolah Secara Daring

(Foto: para guru SD Muhammadiyah Pati saat memantau jalannya E-Ujian di ruang kelas SD Muhati, Selasa 27 Apr 2021)

Kabarpatigo.com - PATI - Pelaksanaan Ujian Sekolah SD Muhati secara Daring pada Selasa, 27 April 2021 mendapat kunjungan monitoring dari Dinas Pendidikan.

“Kemarin kami monitoring pelaksanaan Ujian Sekolah, di Kecamatan lain belum ada yang menggunakan E-ujian seperti di sini, tutur Daryadi, S. Pd., MM, Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum SD Dinas Pendidikan Kabupaten Pati saat diwawancarai di ruang pengawas.

“E-Ujian memiliki fitur yang berbeda dengan platform lain yang biasanya kita gunakan sebagai evaluasi pembelajaran seperti biasanya,” ujar Ferry Ariyanto, S. Pd Waka Kurikulum SD Muhammadiyah Pati.

Ia menjelaskan, dengan aplikasi E-Ujian pelaksanaan Ujian Sekolah lebih efektif dan meminimalisir kecurangan saat melakukan ujian.

Guru dapat melakukan pengawasaan secara Daring selama Ujian berlangsung, dari fitur video yang terdapat di aplikasi.

“Kita bisa memantau siswa saat ujian berlangsung,” tambahnya. Selain itu memudahkan guru dalam memberikan arahan saat pelaksanaan ujian. “Timingnya bisa disetting sesuai kebutuhan, dan soalnya sudah teranalisis,” pungkasnya.

Pelaksanaan ujian dengan E-Ujian ini juga mendapat sambutan baik dari wali murid kelas enam.

Alhamdulillah, jika ada kendala saat pelaksanaan, ustadz-ustdzah bisa memantau langsung dari video, dan langsung menghubungi kami untuk memberikan arahan,” ujar salah satu Walimurid kelas 6 saat diwawancarai via Whatsaap.

Selain memudahkan dalam pengawasan pelaksanaan Ujian Sekolah, langkah ini juga bagian dari upaya SD Muhati dalam mengembangkan dan memberikan fasilitas pengajaran.

“Ini bagian dari upaya kami dalam memberikan pelayanan yang efektif dan bentuk responsibility kita sebagai pendidik dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran Daring,” tutur Ahmad Sunarto, S. Pd. I, Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Pati.

Kepala Sekolah juga menambahkan bahwa, dalam kondisi pandemi seperti ini kita harus tetap memberikan yang terbaik dalam hal layanan pendidikan.

Hal tersebut tak lepas dari kerjasama dari para Asatidz dalam menyiapkan Ujian Sekolah tersebut.

“Kita melakukan stimulasi beberapa kali, pada pengawas dan peserta didik kelas 6,” ujar Mustafa Kamal Ali, Wali kelas 6.

Meskipun pelaksanaan ujian sekolah tidak bisa dilakukan secara tatap muka, Bapak Ibu Guru, para siswa, dan juga wali murid harus tetap semangat dan saling memotivasi satu sama lain, pungkas Daryadi, S.Pd, MM. (az/aa)

#SDMuhatiPati

Komentar