Menumbuhkan Gemar Membaca, LKSA Putra Muhammadiyah Pati Adakan Gerakan Literasi Santri

(Foto: LKSA Putra Muhammadiyah Pati adakan Gerakan Literasi Santri di asrama LKSA Putra Muhammadiyah Pati, Selasa 28 Sep 2021)

Kabarpatigo.com - PATI - Sebagai wujud untuk menumbuhkan kebiasaan positif membaca pada diri anak. Lembaga Kesejahteraan Anak (LKSA) Putra Muhammadiyah Pati mengadakan Gerakan Literasi Santri (GLS).

Gerakan Literasi Santri diadakan di asrama LKSA Putra Muhammadiyah Pati yang berlokasi di Jl. P. Diponegoro No. 119 Pati pada hari Selasa (28/9/21). Dengan diikuti seluruh santri dan didampingi oleh pembimbing LKSA Putra Muhammadiyah Pati.

Adapun buku-buku untuk pelaksanaan Gerakan Literasi Santri diambil dari perpustakaan milik LKSA Putra Muhammadiyah Pati sendiri.

Ketua LKSA Putra Muhammadiyah Pati Jaka Murapriyanta sangat berharap program GLS ini dapat membantu dan menumbuhkan pada diri anak untuk gemar membaca

"Semoga dengan Gerakan Literasi Santri, akan menumbuhkan gemar membaca, kelak akan lahir cendekiawan muslim dari santri-santri kita," harapnya.

Sebagai Pembimbing LKSA Putra Muhammadiyah Pati, Ahmad Syarif mengungkapkan Gerakan Literasi Santri (GLS) ini merupakan salah satu program unggulan yang ada di LKSA Putra Muhammadiyah Pati dengan tujuan agar santri semangat dalam mengembangkan wawasan pengetahuan.

"GLS bertujuan menumbuhkan spirit dan semangat santri dalam mengembangkan wawasan pengetahuan, menumbuhkan analis kritis dalam berbagai bidang baik iptek maupun Imtaq," ungkap Syarif.

Dengan berdasar Al-Quran yang memuat wahyu pertama yang berbunyi "iqra” (bacalah) yang terdapat pada surah al-Alaq. Perintah membaca ada dalam wahyu pertama walaupun ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW yang ummi (buta huruf).

"Membaca dan menulis itu penting bukan hanya bagi masyarakat terdidik yang hendak dibangun Alquran, melainkan juga untuk menciptakan kebudayaan, menghasilkan pengetahuan terbarukan dan membangun satu peradaban dinamis yang maju," terangnya.

Dengan adanya Gerakan Literasi Santi (GLS) harapan juga disampaikan oleh pengurus LKSA Putra Muhammadiyah Pati, Teguh Wahyudi, ia berharap para santri gemar membaca dan menjadi santri sukses dunia akhirat.

"Alhamdulillah, terima kasih, semoga para santri LKSA Putra Muhammadiyah Pati gemar membaca dan menumbuhkan semangat literasi, bacaan Al-Quran, al Hadits, al Islam-keMuhammadiyahan, ilmu pengetahuan umum. Dan semoga menjadi santri yang sukses bahagia dunia akhirat," tutup Teguh. (as)

#LKSAPutraMuhammadiyahPati

Komentar