Jalan Lingkar Selatan Perempatan Ngantru Pati Akan Menjada Exit Tol Demak Tuban

(Foto: Jalan Lingkar Selatan Pati)

Kabarpatigo.com, - PATI - Jalan Tol Demak-Tuban yang melintas di wilayah Demak hingga Pati rencana akan tersedia tiga pintu keluar atau exit tol.

Ketiga exit tol itu masing-masing berada di wilayah Kabupaten Demak, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Kepala Seksi (Kasi) Peningkatan Jalan Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Hasto Utomo, menyebutkan pintu keluar atau exit Tol Demak-Tuban di Kabupaten Pati akan berada di antara perempatan Tanjang dan Perempatan Ngantru.

“Kalau dilihat gambarnya berarti exit tol nanti ketemu di Jalan Lingkar Selatan, baru ke arah Pati-Gabus (Perempatan Ngantru),” ujar Hasto, dikutip Murianews.com, Jumat (11/2/22).

Exit Tol ini nantinya melewati beberapa desa, mulai dari Desa Koripandriyo, Desa Gempolsari, dan Desa Banjarsari.

Sebelumnya, DPUTR Pati mengusulkan agar exit tol di Pati terletak di Jalan Pati-Gabus, tepatnya di Desa Gempolsari.

Meski demikian, usulan itu tidak dipergunakan menyusul Jalan Pati-Gabus mempunya lebar yang sempit untuk dilalui kendaraan berat.

Hasto mengatakan usulan itu diutarakan mengingat Jalan Pati-Gabus dekat dengan Terminal Kembangjoyo Pati. Dengan demikian, hal itu pun bisa membuat akses pengguna jalan lebih mudah.

Kendati usulannya diitolak, Hasto tidak mempermasalahkan. Mengingat rencana letak exit tol terbaru termasuk dekat dengan Terminal Kembang Joyo Pati.

Kami di Kabupaten hanya dimintai pertimbangan untuk exit tolnya yang dekat ke arah terminal,” kata Hasto.

Sekadar informasi, Tol Demak-Tuban rencana akan mulai dibangun pada tahun 2025. Tol ini akan melintas di 39 Desa di sembilan Kecamatan di Kabupaten Pati.

Kesembilan Kecamatan yang terdampak itu berada di wilayah Pati bagian selatan dan timur meliputi Batangan, Jaken, Jakenan, Pati, Gabus, Pucakwangi, Kayen, Winong, dan Sukolilo.

Meski demikian, rencana tersebut masih belum final mengingat proses pembuatan Tol Demak-Tuban itu masih dalam tahap sosialisasi. (solopos.com)

#TolPati

Komentar