Buka Festival Ramadan, Wabup Ingatkan Sinergi Bangkitkan UMKM Lokal

(Foto: Wakil Bupati Pati Saiful Arifin didampingi Anggota DPRD Kab Pati Endah Sri Wahyuningati membuka festival Ramadhan di gedung pertemuan Desa Plangitan Pati, Jumat 22 Apr 2022)

Kabarpatigo.com - PATI - Wakil Bupati Pati Saiful Arifin membuka Festival Bazar Ramadan di gedung pertemuan Desa Plangitan, Jumat (22/4/22).

Kegiatan yang juga dihadiri oleh anggota DPRD Pati Endah Sri Wahyuningati dan Kepala Desa Plangitan ini, rupanya diprakarsai oleh Tim Penggerak PKK dan Karang Taruna desa setempat.

Dalam sambutanya, Wakil Bupati yang akrab disapa Safin mengapresiasi Pemerintah Desa (Pemdes), PKK, dan Karang Taruna Desa Plangitan yang telah melaksanakan kegiatan ini.

"Bagaimanapun juga ini sangat mendukung program Pemerintah dalam memfasilitasi tumbuh dan berkembangnya kewirausahaan atau UMKM yang ada di desa/kelurahan," sambungnya.

Kebersamaan dan semangat yang sama, lanjut Wabup, amat dibutuhkan dalam membantu dan mengembangkan UMKM.

"Selain itu, dukungan dan kerjasama serta kolaborasi dalam membangun UMKM dan industri rumah tangga pun perlu terus ditingkatkan sehingga bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat," tambahnya.

Menurut Safin UMKM memiliki potensi yang kuat sebagai pilar ekonomi nasional.

"Karena itu, baik pemerintah maupun kita sebagai masyarakat perlu bergandengan tangan, bersinergi dan berkolaborasi dalam upaya membangkitkan kegiatan usaha dan ekonomi. Karena sudah menjadi kewajiban kita bersama, untuk bergotong-royong dan saling bantu," jelas Safin.

Dengan gerakan "Beli dari Kita untuk Kita", sektor UMKM diharapkan bisa berkembang, dan produknya banyak dibeli atau dikonsumsi masyarakat.

"UMKM tidak akan hidup kalau produknya tidak ada yang beli," tambahnya.

Safin pun menyarankan agar pelaku UMKM bisa memanfaatkan pemasaran melalui sarana online, agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Terakhir ia berharap, kegiatan ini tidak hanya seremoni belaka, akan tetapi bisa berkelanjutan hingga bisa mempunyai kemanfaatan yang dapat dirasakan oleh masyarakat. (red)

#SaifulArifin

Komentar