Kabar Gembira Buat Warga Pati yang di Rantau, Pemkab Pati Siapkan 10 Armada Bus untuk Mudik Gratis

(Foto: Bupati Pati Haryanto)

Kabarpatigo.com - PATI - Kabar gembira bagi warga Pati yang merantau di wilayah Jabodetabek bahwa pada lebaran tahun 2022 ini, Pemkab Pati akan memberi fasilitas mudik gratis.

Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi para perantau yang sudah dua kali lebaran tidak bisa merasakan pulang kampung lantaran adanya kebijakan pembatasan aktivitas dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Sebelumnya, di awal bulan Ramadan, Bupati Haryanto memang sempat menyebut bahwa tidak ada program mudik gratis dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat pada lebaran tahun ini. Hal ini dampak dari kebijakan penanganan pandemi Covid-19.

Namun, sebagai informasi terbaru, Bupati Haryanto mengatakan, pihaknya telah menganggarkan penjemputan warga mengunakan 10 bus.

"Kami setiap tahun memang menganggarkan mudik gratis. Karena dua tahun ada pandemi Covid-19, anggaran saya kembalikan. Nah kemarin dirapatkan kembali, dikoordinir oleh pemerintah provinsi, Pak Gubernur," ungkapnya saat dikonfirmasi, Rabu (13/4/22) usai safari Ramadan.

Adapun program penjemputan pemudik oleh Pemkab Pati sempat tidak dilakukan pada 2020 dan 2021 lantaran adanya pandemi Covid-19. Oleh karena itu, program penjemputan pemudik terakhir dilakukan 2019.

"Jadi nanti kita menganggarkan untuk 10 bus. Dan persyaratannya pun mengikuti pemerintah provinsi misalnya seperti sudah vaksin booster dan tetap prokes serta persyaratan lain yang ditentukan Pemprov," jelasnya.

Hanya saja, lanjut Bupati, program ini memang khusus warga Pati yang di Jakarta dan sekitarnya. Ia menyebut, ada daerah yang mungkin belum menganggarkan dan dengan menyediakan 10 bus, menurutnya ini sudah cukup banyak.

Sedangkan untuk kuota mudik gratis bagi perantau asal Pati pada tahun ini ada sekira 500 orang. Dari 10 bus yang menjemput, masing-masing ditumpangi 50 orang. Dan penjemputan direncanakan pada 27 April 2022 dan tiba di Pati keesokan harinya. (red)

#Haryanto

Komentar

Posting Komentar