Santunan dan Buka Puasa Bersama Ikatan Keluarga Minang Pati dan Lazismu Dihadiri Bupati Haryanto

(Foto: Bupati Pati Haryanto saat hadiri acara Buka Bersama dan santunan IKM di Masjid Moch Dahlan Pati, Kamis 21 Apr 2022)

Kabarpatigo.com - PATI - Menjalin ukhuwah Islamiyah dan berbagi di bulan Ramadhan. Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kabupaten Pati menggelar buka bersama dan santunan anak yatim.

Kegiatan santunan ini merupakan kerja sama antara IKM Pati dengan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sodaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Pati.

Santunan yang dilaksanakan di Masjid Moch Dahlan Muhammadiyah Pati ini dihadiri Bupati Pati Haryanto, Kapolsek Pati Kota, Kesbangpol, Lurah Pati Lor, dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pati, Kamis (21/4/22) sore.

"Dengan semangat Ramadhan Kita Bina Ukhuwah Islamiyah Bersama Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Pati dan Lazismu Pati." Tema ini menjadi agenda IKM dan Lazismu Pati.

Hal ini disampaikan Harisman selaku ketua IKM Pati, menurutnya kegiatan yang dilaksanakan bersama Lazismu Pati ini merupakan agenda rutinitas dalam rangka menyisihkan sebagian harta untuk anak yatim yang membutuhkan.

"IKM merupakan organisasi Minang tingkat Nasional dimana setiap daerah selalu ada IKM sesuai nama kota. Santunan ini, sudah terlaksana 2 kali di Kabupaten Pati di bulan Ramadhan yang bekerja sama dengan Lazismu Pati. Kegiatan sosial ini merupakan agenda menyisihkan sebagian harta untuk anak-anak yatim yang membutuhkan," terang Harisman.

Bupati Haryanto mengapresiasi kegiatan tersebut, walaupun IKM dari luar Pati, namun masih tetap mempunyai kepedulian terhadap anak yatim di Pati. Sekaligus mengingatkan bahwa di luar sana masih banyak yang kurang memperhatikan keberadaan anak yatim

"Menyambut baik kegiatan ini, karena masih banyak diluar sana yang kurang memperhatikan anak yatim. Meskipun IKM dari luar daerah Pati, namun tetap peduli kepada anak yatim di Kabupaten Pati," sebut Haryanto.

Lazismu Pati sebagai lembaga di bawah naungan Muhammadiyah Pati mendapatkan apresiasi dari ketua PDM, Moh Asnawi.

Asnawi menyampaikan Lazismu sebagai lembaga dakwah di bidang keuangan, salah satunya zakat mendapatkan akreditasi WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).

"Meskipun Kantor tingkat daerah Lazismu di Kabupaten Pati baru berusia 4 tahun, namun telah memiliki target penghimpunan di bulan Ramadhan 1443 H yang tinggi di Kabupaten Pati yaitu 700 juta yang semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan di Kabupaten Pati," harap Asnawi.

Adapun kegiatan buka bersama dan santunan diikuti 40 IKM, 71 anak yatim, dan 12 dari Lazismu Pati. Kegiatan santunan secara simbolis oleh Bupati Pati dan dilanjutkan Tausyiyah oleh ustadz Ahmad Syarif, dan ditutup dengan berbuka bersama. (aa)

#LazismuPati

Komentar