Kampus UNISA Yogyakarta Lepas 708 Mahasiswa KKN Tangguh Bencana

(Foto: Mahasiswa Universitas Aisyiyah siap mengikuti KKN)

Kabarpatigo.com - YOGYAKARTA - Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta membekali 708 mahasiswanya yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan kemampuan pemberdayaan masyarakat tangguh bencana.

Pembekalan tersebut dilaksanakan di Aula Siti Baroroh Gedung A Kampus Terpadu Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Selasa (16/8/22).

Rektor UNISA Yogyakarta, Warsiti menyebutkan bahwa tema KKN tahun ini yaitu Tebar Manfaat, Hadir Lebih Dekat diharapkan mampu dijiwai oleh segenap mahasiswa yang akan melaksanakan KKN sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.

“Tebar Manfaat, Hadir Lebih Dekat bisa menjadi ruh mahasiswa dalam mengimplementasikan KKN UNISA di tahun ini," kata Warsiti.

Untuk mengimplementasikan tema KKN tersebut dalam pembekalan KKN tahun ini UNISA Yogyakarta memberikan materi terkait Kiprah Mahasiswa UNISA sebagai Kader Muhammadiyah, Sinergi Mahasiswa UNISA dengan Persyarikatan ‘Aisyiyah, serta Pemberdayaan Masyarakat Tangguh Bencana.

Budi Santoso Koordinator Divisi Pengurangan Risiko Bencana dan Kesiagaan (PRBK), MDMC Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang mengisi materi Pemberdayaan Masyarakat Tangguh Bencana memberikan apresiasi atas inisiatif UNISA Yogyakarta dalam membekali mahasiswa KKN dengan kemampuan kesiap siagaan bencana ini.

“Ini bagian dari empati, kepedulian mahasiwa dan UNISA dalam memandang Yogyakarta yang memiliki potensi bencana,” ucap Budi

Yogyakarta yang dikenal sebagai Kota Pelajar dan Kota Pariwisata ini menyimpan beberapa potensi bencana yang berbeda di setiap Kabupatennya. Ia menyebutkan contohnya seperti di Bantul yang memiliki potensi gempa bumi, banjir, dan tsunami.

Kabupaten Sleman yang memiliki ancaman letusan Gunung Merapi dan banjir. Kabupaten Kulon Progo yang memiliki ancaman tsunami, gempa bumi, dan banjir. Serta Kota Yogyakarta yang rentan kejadian kebakaran dan konflik sosial.

Oleh karena itu menurutnya adalah hal penting dalam melibatkan mahasiswa untuk terjun langsung ke masyarakat dan mengimplementasikan masyarakat tanggung bencana.

“Para mahasiswa memiliki potensi untuk melakukan program pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat sehingga diharapkan mampu mengedukasi masyarakat dan komunitas untuk mengenali risiko bencana di wilayahnya dan mempunyai perencannaan mengurangi risiko bencana berbasis komunitas," sebutnya.

Fayakun Nur Rohmah, selaku Koordinator Bidang Pengabdiam Masyarakat LPPM Unisa Yogyakarta menyebutkan bahwa KKN tahun 2022/2023 ini akan melepas 708 Mahasiswa Reguler yang akan disebar di seluruh 3 Kabupaten dan 1 Kota yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain itu juga terdapat KKN Internasional yang akan ditempatkan di Malaysia. (Suri)

#Unisa

Komentar