Putra Anggota DPRD Jateng Supriyanto, Ki Hafidz Yusuf Muhammad Meriahkan Peringatan HUT RI Desa Jatiroto Kayen


(Foto: Ki Hafidz Yusuf Muhammad Dalang Cilik asal Pati)

Kabarpatigo.com - KAYEN - Dalam rangka memeriahkan malam HUT RI ke-77. Dukuh Pucang Desa Jatiroto Kecamatan Kayen Kabupaten Pati menggadakan pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Gelaran wayang kulit yang menampilkan dua Dalang asli putra daerah Pati. Ki Hafidz Yusuf Muhammad (Dalang cilik) mengangkat lakon "Babat Wanamarta" dan Ki Eko Wisnu Prilaksono dengan lakon "Kresna Gugah".

Dengan karawitan "Nglaras Jiwa Nusantara" dan didukung sound sistem JP Pro Audio pagelaran wayang kulit dalam rangka malam Tirakatan HUT RI ke 77 dilaksanakan di Lapangan Bola Voli Dukuh Pucang Desa Jatiroto Kecamatan Kayen, Selasa (16/8/22) malam.

Antusiasme masyarakat sangat luar biasa dalam menyaksikan pagelaran ini. Banyak generasi muda yang juga ikut memadati area pertunjukan.

Dalang Cilik Ki Hafidz Yusuf Muhammad yang memeriahkan pertunjukan wayang kulit merupakan putra dari anggota DPRD Provinsi Jateng Supriyanto dari fraksi Partai Golkar.

"Apresiasi dan berterimakasih kepada seluruh masyarakat padukuhan Pucang dan seluruh kepanitiaan terutama Kepala Desa beserta perangkat atas peran sertanya dalam memeriahkan perayaan hari kemerdekaan RI," ucap anggota komisi C DPRD Provinsi Jateng yang akrab disapa Japrek saat ditemui di kediamannya.

Supriyanto menyampaikan pagelaran ini bukan sekedar tontonan semata, namun dengan adanya pagelaran wayang kulit ini merupakan salah satu wujud dari melestarikan budaya.

"Wayangan ini juga sebagai wujud melestarikan budaya yang sarat akan nilai luhur, acara ini (Pagelaran wayang kulit) bukan hanya sekedar tontonan, tetapi juga tuntunan,” sambung Supriyanto.

Tontonan wayang kulit ini merupakan rangkaian peringatan HUT RI ke 77 digelar warga Desa Jatiroto secara sederhana namun meriah yang dimulai sejak 14 Agustus hingga 16 Agustus.

Titik puncak dari rangkaian peringatan HUT RI yakni malam tirakatan dengan mengadakan pagelaran wayang kulit. Dalam acara tersebut ada pembagian hadiah lomba-lomba dan doorprize kepada warga Desa Jatiroto. (aa)

#Supriyanto

Komentar