Persiapan New Normal, Bupati Keluarkan Regulasi untuk Ponpes dan Sedekah Bumi

(Foto : Bupati Pati Haryanto)

Kabarpatigo.com - PATI - Memasuki persiapan New Normal di kabupaten Pati Bupati Haryanto mengadakan rapat virtual bersama Wakil Bupati Saiful Arifin dan Sekda Pati Suharyono, Selasa (7/72020), dalam rapat Bupati menyampaikan sejumlah regulasi menuju persiapan new normal, diantaranya terkait pengembalian para santri ke pondok pesantren.

Haryanto mengungkapkan bahwa ada beberapa Ponpes yang telah diverifikasi dan memenuhi syarat.

"Itupun secara bertahap. Yaitu tahap pertama 14 hari, tahap kedua 14 hari dan seterusnya. Dengan harapan agar santri yang kembali terjamin kesehatannya," jelas Bupati.

Kemudian Haryanto juga menyampaikan bahwa pihaknya telah mengeluarkan surat edaran terkait penyelenggaraan sedekah bumi di desa.

(Perumahan Ndalem Asri Gambiran-Sukoharjo-Margorejo-Pati. Cp : 082227192177

"Saya tidak melarang sepenuhnya, namun dibatasi. Dengan harapan agar kesehatan masyarakat terjamin.  Jangan sampai kita baru heboh setelah ada kejadian atau temuan Covid-19," tegas Haryanto.

Bupati pun menegaskan bahwa penyelenggaraan tradisi sedekah bumi memang tidak dapat ditunda/dihindari.

Boleh dilaksanakan namun dengan catatan penyelenggaraannya durasi satu jam," pesannya.

Dalam kesempatan yang sama Haryanto juga menghargai keluhan-keluhan pelaku seni terkait pementasan di masa pandemi.
Namun kebijakan pencegahan Covid-19 menurut Haryanto perlu dijalankan oleh pihaknya lantaran hal itu merupakan bentuk kepedulian akan kesehatan masyarakat.

“Durasi satu jam untuk ritual. Seperti bancakan kan tidak bisa dihindari, itu terbatas. Begitu pula bila ada pertunjukkan barongan, tidak bisa dihindari. Maka harus diatur durasinya," pungkas Bupati. (hms)

#HumasKabPati #BupatiPati #haryanto #sedekahbumipati #PonpesPati

Komentar