Safin Mendorong para Investor untuk Membangun Industri Penunjang Sektor Perikanan di Pati.


(Foto : Wakil Bupati Saiful Arifin saat menjadi Nara sumber dalam Webinar bersama Fakultas Perikanan Universitas Diponegoro Semarang di ruang Pati Command Center (PCC) Setda Pati, Jumat (3/7/2020).

Kabarpatigo.com - PATI - Fakultas Perikanan Universitas Diponegoro Semarang mengadakan Webinar dengan tema "Kontribusi Sektor Perikanan Tangkap terhadap Peningkatan dan Penyerapan Tenaga Kerja di Jawa Tengah". Nara sumber Webinar adalah wakil Bupati Pati Saiful Arifin.

Saiful Arifin mengungkapkan bahwa pihaknya senantiasa mendorong masuknya para investor untuk membangun industri penunjang sektor perikanan di Kabupaten Pati.

"Perikanan merupakan satu di antara sektor ekonomi unggulan di Pati. Hal ini antara lain bisa dilihat dari banyaknya jumlah kapal nelayan berkapasitas besar dan berkembangnya perikanan budidaya. Namun, masih dibutuhkan industri penunjang untuk memaksimalkan potensi ekonomi di sektor ini," ujar Saiful Arifin saat menjadi Nara sumber dalam Webinar bersama Fakultas Perikanan Universitas Diponegoro Semarang di ruang Pati Command Center (PCC) Setda Pati, Jumat (3/7/2020).

Sebagai Wakil Bupati, Safin pun mengajak untuk berinvestasi di industri perikanan.

"Kalau cold storage sudah cukup banyak, tapi kami masih berharap ada investor yang mau masuk ke pengolahan. Saat ini butuh support di bidang tersebut. Hal tersebut bertujuan supaya produksi ikan tidak dijual mentah, melainkan ada nilai tambahnya," imbuh Safin.

(Perumahan Ndalem Asri Gambiran-Sukoharjo-Margorejo-Pati. Cp : 082227192177)

Ia pun memaparkan bahwa jumlah kapal dan nelayan asal Pati termasuk yang tertinggi di Jawa Tengah.

"Kapal berkapasitas di atas 30 Gross Tonnage (GT) jumlahnya mencapai 576 unit. Lalu kategori di atas 30 GT memiliki besaran bervariasi, mulai 80, 90, 100, bahkan hingga 150 GT," ujarnya.

Sedangkan, untuk kapal nelayan kecil berukuran di bawah 10 GT, menurut Safin, jumlahnya mencapai 1.732 unit.

"Para nelayan kapal besar mencari ikannya memang bukan di perairan Jawa Tengah, ada beberapa yang di Sulawesi, Laut Papua, Natuna, dan lain-lain. Ini sangat berkontribusi untuk menggantikan nelayan-nelayan luar negeri yang dulu melaut di wilayah kita. Saya harap jangan ada lagi nelayan asing di laut NKRI. Nelayan Pati siap menggantikan mereka," terang Safin.

Demi menunjang kinerja Nelayan ia pun berharap pemerintah Pusat dapat memberi dukungan untuk mempermudah urusan perizinan. (hms)

#HumasKabPati #WakilBupatiPati #SaifulArifin #UndipFakPerikanan #PerikananPati

Komentar

Posting Komentar