Muhammadiyah Terima Penghargaan dalam Penanganan Covid-19 dari Kemenkes RI

(Foto : Gedung PP Muhammadiyah)

Kabarpatigo.com - YOGYAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-56 tahun 2020, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menganugerahkan penghargaan kepada instansi, lembaga, ormas, tim dan perorangan yang telah bekerja sama dengan Kementrian Kesehatan untuk mendukung penanggulangan Covid-19, Kamis (12/11/20).

Hari Kesehatan ke-56 tahun ini diperingati dengan tema “Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat” karena dalam situasi pandemi Covid-19 maka peringatan secara nasional digelar online dari Jakarta. Acara dihadiri oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto beserta jajaran pejabat Kementrian Kesehatan.

Muhammadiyah menjadi salah satu penerima penghargaan kategori organisasi kemasyarakatan bersama beberapa ormas lainnya. Penghargaan yang diterima Muhammadiyah disampaikan kepada PP Muhammadiyah untuk mitra dan individu dalam penanganan Covid-19 kategori organisasi kemasyarakatan.

Muhammadiyah melalui Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) sejak mula pasien Covid-19 pertama diumumkan pemerintah tanggal 2 Maret 2020 silam hingga kini terus memberikan layanan dalam penanganan Covid-19 melalui 82 Rumah Sakit Muhammadiyah Aisyiyah (RSMA). Sampai tanggal 10 November 2020 ada 4.560 pasien terkonfirmasi positif yang dirawat, 4.188 dalam orang berstatus suspek dan 853 orang probable.

Sementara dana yang sudah digelontorkan dalam penanganan Covid-19 ini berjumlah Rp. 307.478.807.989 dengan penerima manfaat berjumlah 28.008.788 jiwa. Dana sebesar itu diluar biaya perawatan para pasien di seluruh RSMA. MCCC PP Muhammadiyah juga sudah mendistribusikan 500 ribu masker non medis pakai ulang sumbangan dari BUMN Singapura, Temasek.

Berbagai program juga dijalankan oleh MCCC PP Muhammadiyah didukung dan bekerja sama dengan pemerintah Republik Indonesia, Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT), Unicef, USAID, perusahaan swasta nasional, perguruan tinggi serta donatur perorangan.

Di internal, gerak langkah MCCC didukung sepenuhnya oleh Lembaga Amal Zakat Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) sebagai pendukung pendanaan utama dan didukung oleh puluhan ribu relawan Muhammadiyah di seluruh tanah air guna menjalankan program-program penanggulangan Covid-19.

Ketua MCCC PP Muhammadiyah, Drs. H.M, Agus Samsudin, M.M. menghimbau masyarakat untuk tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan karena wabah Covid-19 ini belum berakhir. (red)

#MCCCPP #MuhammadiyahPati


Komentar