Warga yang Mudik Rumahnya akan Diberi Labelisasi oleh Pemkab Pati

(Foto : ketua DPRD Kab. Pati Ali Badrudin dalam rapat penanganan covid-19 bersama Bupati Pati di Ruang Banggar DPRD Kab. Pati)

Kabar PatiGo.com - PATI KOTA - Makin dekatnya lebaran Idul Fitri, Bupati Pati Haryanto akan menerapkan labelisasi rumah warga yang baru mudik atau datang dari luar daerah. Hal ini disampaikan Bupati usai rapat dengan legislatif dalam rangka penanganan Covid-19 di Kabupaten Pati di Ruang Banggar DPRD, Selasa (5/5/2020.

Aturan labelisasi rumah warga ini berlaku bagi warga yang datang dari luar daerah, sehingga harus isolasi mandiri dan rumahnya akan diberi label dari pemerintah desa dan kecamatan.

"Saya sudah memerintahkan melalui camat untuk yang baru pulang dari luar daerah harus isolasi mandiri dan rumahnya dikasih label, jadi yang bersangkutan adalah melaksanakan isolasi mandiri,“ ujar Bupati.

Ia menjelaskan, labelisasi ini bertujuan untuk memudahkan pemantauan. Pihak desa bisa memantau kondisi kesehatan warga tersebut selama 14 hari.

"Jika lebih dari 14 hari kondisi warga itu tidak ada keluhan, bisa dikatakan sehat dan selesai masa isolasi mandiri," Imbuhnya.

Bupati menegaskan bahwa isolasi mandiri itu dilaksanakan di tiap desa dan untuk pelaksanakan labelisasi adalah wewenang pemerintah desa dan kecamatan.

Sementara itu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati melalui Ketua DPRD Ali Badrudin menyambut baik gagasan Bupati Pati Haryanto untuk melakukan labelisasi pada rumah warga yang digunakan sebagai tempat isolasi mandiri bagi pemudik.

"Itu yang kami tunggu-tunggu, kami mendorong agar segera dilaksanakan," ujar Ali Badrudin

Menurutnya pelabelan ini memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah mempermudah pengawasan pada warga yang menjalani karantina. Dimana yang bersangkutan tidak akan kemana-mana tanpa pengawasan.

Untuk kemungkinan bahwa labelisasi justru akan menimbulkan stigma negatif dari masyarakat, Ali menjawab, dengan berjalannya waktu dan jika Covid-19 sudah hilang dan sudah teratasi khususnya di Kabupaten Pati tentu semua akan kembali normal.

"Jadi tidak perlu ada kekhawatiran, dengan sendirinya stigma akan hilang," tegasnya. (hms/kpGo)

#HumasPati #DPRDPati #PemkabPati

Komentar