Di Tengah Pandemi Covid-19, Sedekah Laut di Juwana Sepi Pengunjung

(Foto : kegiatan sedekah laut di Juwana Pati)

Kabar PatiGo.com - Juwana - Di tengah pandemi Covid-19 di wilayah Pati, dan dengan memperhatikan protokol kesehatan kegiatan Sedekah Laut di Juwana tetap dilaksanakan tanpa adanya keramaian seperti tahun sebelumnya, Minggu (31/5).

Sepekan setelah Idul Fitri seperti biasa kegiatan sedekah laut selalu diadakan sebagai bentuk ritual adat masyarakat Nelayan, termasuk lima desa yang berada di kecamatan Juwana, yakni Bajomulyo, Bumirejo, Bendar, Kedungpancing, dan Trimulyo.

Seperti tahun sebelumnya kegiatan sedekah laut ini dilaksanakan secara bersamaan oleh lima desa, namun untuk tahun ini tidak.

Menurut Kasi Kesra Desa Bendar Karyono, jika sebelumnya ritual adat selalu diiringi kemeriahan karnaval dan aneka acara tradisional, tahun ini diadakan dengan sederhana.

“Memang beda jauh dari sebelum-sebelumnya. Karena tidak mendapat izin dari pemerintah untuk mengadakan keramaian, tahun ini sedekah laut digelar sangat sederhana. Yang penting persyaratan adat sudah tercukupi,” kata Karyono,

"Acara ritual sedekah laut untuk tahun ini sepi dari pengunjung. Biasanya kegiatan sedekah laut disaksikan oleh banyak wisatawan dari berbagai daerah," imbuhnya. (Red)

#SedekahLaut #juwana #pati #SedekahLautJuwana


Komentar