Awasi Pelaksanaan MPLS, Bupati Sidak di Beberapa Sekolah

(Foto : SMA Negeri 1 Pati)

Kabarpatigo.com - PATI - Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Kabupaten Pati tahun ajaran baru sudah dimulai sejak tanggal 13 Juli 2020 yang lalu. Beberapa sekolah di Pati dalam pengenalan MPLS melalui virtual.

Untuk memastikan pelaksaanan MPLS berjalan lancar di masa pandemi, Bupati Haryanto mengadakan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke beberapa sekolah. Ada tiga sekolah yang dikunjungi, yakni SMPN 5 Pati, SMAN 1 Pati, dan MAN 1 Pati, Rabu (15/7/20).

"Pelaksanaan MPLS secara virtual memang yang pihaknya kehendaki sejak awal. Sebab, sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri (Mendikbud, Menag, Menkes, dan Mendagri), hanya sekolah di zona hijau yang diperkenankan buka. Pati tidak termasuk," ujar Bupati.

Sidak tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19, sekaligus memastikan bahwa kegiatan pembelajaran dan masa pengenalan lingkungan sekolah, dilakukan secara daring.

Dan alhamdulillah, ternyata sekolah-sekolah yang saya datangi hari ini melaksanakan secara virtual-daring,” imbuh Haryanto.

(Perumahan Ndalem Asri Gambiran-Sukoharjo-Margorejo-Pati. Cp : 082227192177)

Ia menyebut, ini merupakan langkah baik yang ditempuh para kepala sekolah demi menyelamatkan para siswa.

Menurut dia, seandainya masa pengenalan lingkungan dilaksanakan secara tatap muka, mungkin pemantauan di sekolah masih mudah dilaksanakan. Namun, ketika para siswa pulang, pemantauan sulit dilakukan.

“Kita tidak tahu, apakah mereka langsung pulang atau mampir main ke mana dulu. Itu yang kita khawatirkan,” kata Haryanto.

Haryanto dalam menyikapi makin meningkatnya kasus Covid-19 di kabupaten Pati, Bupati terus memantau ketat dalam menjalankan protokol kesehatan kepada sekolah yang melaksanakan MPLS di tahun ajaran baru ini.

“Jadi kita menunggu kondisi aman. Baik sekolah negeri maupun swasta akan kami pantau secara masif agar rasa was-was terkait keselamatan jiwa ini tidak semakin mengkhawatirkan,” tutupnya. (hms)

#HumasKabPati #haryanto #MPLSPati #TahunAjaranKabPati

Komentar