Bamsoet Dorong Perusahaan Tunaikan Kewajiban Corporate Social Responsibility (CSR)

(Foto : Bambang Soesatyo ketua MPR RI)

Kabarpatigo.com - JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan setiap perusahaan agar tak melupakan kewajiban Corporate Social Responsibility (CSR)/Tanggung Jawab Sosial.

Melalui CSR, perusahaan telah bertanggungjawab terhadap dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan di sekitar wilayah usaha mereka. Sekaligus menjadi penguat hubungan antara perusahaan, pemerintah, dengan masyarakat berdasarkan prinsip saling menguntungkan (kemitraan).

"Jika setiap perusahaan menjalankan CSR-nya secara baik, niscaya tak akan terjadi konflik antara perusahaan dengan masyarakat. Sangat penting bagi perusahaan untuk tak sekadar memandang CSR sebagai pengeluaran atau beban biaya. Melainkan memandang CSR sebagai bagian dari pembangunan bangsa, meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Bamsoet dalam acara Teropong CSR Award 2020 yang diselenggarakan secara virtual, di Jakarta, Rabu (15/7/2020).  

Mantan Ketua DPR RI yang ditunjuk menjadi Ketua Dewan Juri Teropong CSR Award 2020 ini menilai, melalui award yang diberikan diharapkan dapat memacu semangat berbagai perusahaan untuk tetap semakin peduli terhadap CSR.

Terlebih di masa pandemi Covid-19, acara penganugerahan CSR Award menjadi momentum yang sangat penting untuk menggugah kembali rasa kepedulian terhadap lingkungan sosial.

"Kepedulian dunia usaha terhadap kehidupan masyarakat di sekitarnya menjadi media untuk membangun semangat optimisme, serta mengimplementasikan nilai-nilai luhur bangsa melalui solidaritas dan kegotong-royongan secara nyata," tutur Bamsoet.


Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini memaparkan berbagai kategori penghargaan. Antara lain, kategori Pengembangan Digital E-Learning yang dianugerahkan kepada PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) dan PT Pertamina.

Peduli UMKM dianugerahkan kepada PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk, dan PT Food Station Tjipinang Jaya.

"Ada juga kategori Pengembangan Pariwisata yang dianugerahkan kepada PT Bank Rakyat Indonesia serta kategori Pengembangan Kesehatan Masyarakat diberikan kepad PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk," papar Bamsoet.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini berharap kepada para pemenang CSR Award Tahun 2020 untuk senantiasa memupuk rasa tanggungjawab dan kepekaan sosial yang tinggi kepada masyarakat dalam setiap kondisi.

Bagi yang belum mendapat Award di tahun 2020, harus tetap semangat, optimis, dan terus melakukan langkah-langkah inovatif dalam melaksanakan tanggung jawab sosial kepada masyarakat, bangsa dan negara.

"Melalui penganugerahan CSR Award 2020, mari kita satukan semangat untuk bersama-sama bangkit dari Pandemi Covid-19. Kita harus memiliki tekad dan keyakinan bahwa kita dapat membangun sistem perekonomian yang kuat dan berkeadilan, demokrasi yang stabil dan berkualitas, serta kehidupan bangsa yang maju dan sejahtera," pungkas Bamsoet. (red)

#MPRRI #bamsoet #CSR

Komentar