5 Kuliner Khas Pati yang Bikin Nendang di Lidah !

(Foto: ikon kota Pati "Ikan Bandeng Raksasa")

Kabarpatigo.com - PATI - SIAPA yang tidak kenal dengan Kota Pati, kota terletak di wilayah Pantura Timur, Kota dengan julukan BUMI MINA TANI, karena penghasil bumi pertanian dan perikanan terbaik di Jawa Tengah.

Jika Anda melintasi dan berkunjung ke Kota Pati jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Pati yang bikin lidah ketagihan.

Berlibur ke suatu daerah, tak lengkap kalau tidak mencicipi kuliner dengan racikan bumbu-bumbu khas tersebut. Seperti halnya saat berkunjung ke Kota Pati.

Kabarpatigo akan menyajikan kuliner khas Pati beserta ulasannya, Berikut 5 kuliner khas Pati yang bikin nendang di lidah, Jumat (1/1/21).

1. Nasi gandul(Foto: kuliner khas Pati Nasi Gandul)

Jenis makanan yang pertama ada Nasi Gandul. Yup, makanan ini sudah melegenda dan sangat terkenal baik masyarakat sekitar maupun para pelancong. Untuk Anda yang belum tahu, apa sih nasi gandul itu? Nasi gandul terdiri dari nasi putih hangat yang disiram kuah bersantan yang terdapat irisan kecil daging sapi.

Lalu Anda bisa mencampurkannya dengan telur bulat dan tempe goreng kering, tak lupa kecap sebagai bahan pemanis. Jenis tempat yang dihidangkan adalah rotan dengan alas daun pisang dengan itu Anda dapat merasakan sensasi perkampungan yang sangat damai.

2. Swike kerang

(Foto: kuliner khas Pati Swike Kerang)

Selain terkenal dengan nasi gandul, ternyata swike kerang juga sangat terkenal dan merupakan salah satu menu wajib jika Anda berkunjung ke Pati. Cara memasak pada swike kerang terbilang sangat mudah, yaitu rebus kerang beserta cangkangnya yang sudah diberi bumbu khusus. Aromanya yang begitu dahsyat yang dapat membawa pengunjung untuk mencicipi swike kerang ini.

Kuahnya sangat segar, serta rasa pada kerangnya juga lezat. Maka dari itu, jika Anda singgah jangan lupa untuk mencicipi swike kerang khas Pati. Karena hanya di Pati Anda bisa merasakan makanan yang super yummy ini.

3. Mangut kepala manyung

(Foto: kuliner khas Pati Mangut Kepala Manyung)

Jika Anda pencinta kuliner pedas, mungkin makanan ini sangat cocok di Anda, ya mangut kepala manyung. Mangut kepala manyung merupakan makanan khas Pati yang sangat pedas.

Sebab di atas kepala ikan manyung terdapat beberapa cabai setan dan disiram dengan kuah santan berwarna kuning. Cita rasa serta aroma pada hidangan ini sangatlah segar, terlebih jika Anda menyentuhnya di tempat makan yang bertemakan pedesaan.

4. Jangan tempe pedas

(Foto: kuliner khas Pati Jangan Tempe Pedas)

Selain Mangut Kepala Manyung, ternyata jangan tempe pedas tak kalah pedas dan enak. Jangan tempe ini merupakan tempe busuk yang dimasak dengan kuah santan yang super pedas. Saat menyantapnya, Anda juga akan merasakan rasa ketumbar, cabe serta merica yang sudah diolah menjadi satu. Jos gandos!

5. Soto Kemiri

(Foto: kuliner khas Pati Soto Kemiri)

Jika biasanya suwiran daging ayam disajikan di dalam mangkuk soto, maka pada soto kemiri Anda hanya akan menetemukan tauge dan bawang goreng tanpa suwiran daging ayam. Inilah yang membuat soto kemiri berbeda, karena daging ayamnya disajikan sebagai lauk terpisah.

Warna kuah soto kemiri ini sedikit keruh kekuningan dan beraroma rempah. Ini lantaran terdapat campuran santan dan kunyit dalam bumbu soto.

Penyajiannya unik. Sebelum disajikan nasi yang ditaruh di dalam mangkuk disiram kuah soto, beberapa kali kuah soto dikopyok atau dikembalikan lagi ke dalam kuali tempat kuah soto. Ditahap akhir kuah soto disiramkan kembali ke dalam mangkuk disertai dengan tauge dan bawang goreng.

Proses tersebut akan membuat bumbu soto semakin pekat dan meresap ke dalam nasi. Oleh sebab itu rasa gurih, asin, dan sedikit manis menjadi citarasa paling sedap dari soto-soto lainnya.

#KulinerPati


Komentar