Karang Taruna Pati Adakan Trauma Healing untuk Anak-Anak Korban Banjir Agar Tidak Stres

(Foto: Karang Taruna Kabupaten ajak anak-anak korban banjir bermain agar tidak stres)

Kabarpatigo.com - PATI - Karang Taruna Pati selain berikan bantuan berupa sembako dan obat-obatan juga memberikan motivasi Trauma Healing khususnya anak-anak terdampak banjir, karena stamina dan kesehatan harus dijaga paska banjir salah satunya mengurangi stres yang berkepanjangan.

Nanang Taufik Bahtiar selaku Ketua Karang Taruna Wira Rahagi Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso menyampaikan rasa keprihatinan dan kepedulian menjadi inisiasi diadakannya Trauma Healing di tengah pemberian bantuan.

Aksi sosial yang masif oleh Karang Taruna se-Kabupaten Pati tanpa disadari membuat kebersamaan dalam kepedulian untuk saudara-saudara kita yang terdampak banjir beberapa waktu lalu dan terus bergiliran bertahap sesuai kebutuhan.

Saat ini selain diperlukan obat-obatan kulit, minyak angin dan keperluan anak, salah satunya program menurunkan tingkat stres secara psikis akibat dampak banjir yang berkepanjangan.

Trauma Healing yang dilakukan oleh Rhawid Cholis Dyanti dan rekan-rekan Karang Taruna Wira Rahagi Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso Bidang Pendidikan dan Pelatihan, bersama anak-anak terdampak banjir di Dukuh Poncomulyo Desa Gadudero, Kecamatan Sukolilo sangat bermanfaat guna menghindari stres pada anak.

Trauma healing biasanya terjadi dan menyebabkan stres maupun depresi. Trauma healing juga sebaiknya lebih ditekankan agar dapat membangun kembali mental dan psikis para korban pasca terjadinya bencana alam, khususnya terhadap perempuan dan anak- anak

"Salah satu dampak negatif dari bencana adalah stress. Jika tidak terantisipasi dengan baik dan dibiarkan berlarut-larut, akan mendatangkan ketidakstabilan emosi yang parah. Seperti depresi atau trauma setelah peristiwa kritis," pungkasnya. (aa)

#KarangTarunaPati

Komentar