Lantik Bupati/Wali Kota, Gubernur: Buat Saya Jabatan ini Cuma Mandat Saja, Tuannya Ya Rakyat

(Foto: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melantik dan mengambil sumpah 17 kepala daerah masa jabatan 2021-2026 di Gradhika Bakti Praja Kantor Gubernur Semarang, Jumat 26 Feb 2021)

Kabarpatigo.com - SEMARANG - Gubernur Ganjar Pranowo melantik dan mengambil sumpah jabatan 17 kepala daerah periode 2021-2026 di Gradhika Bakti Praja, Kantor Gubernur Semarang, Jumat (26/2/21).

Dari kepala daerah yang dilantik tersebut, tiga kepala daerah (Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kendal) hadir langsung, sementara 14 daerah lainnya dilakukan secara virtual. Daerah tersebut yaitu Kota Surakarta, Pekalongan, Magelang, selanjutnya Kabupaten Purworejo, Kebumen, Wonosobo, Purbalingga, Sukoharjo, Klaten, Rembang, Blora, dan Boyolali, Wonogiri, dan Pemalang.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dihadiri pimpinan DPRD Jateng yaitu Ketua Bambang Kusriyanto beserta Wakil Ketua Ferry Wawan Cahyono dan Quatly Alkatiri hadir langsung dalam acara tersebut.

Dengan protokol kesehatan yang ketat, acara pelantikan dan pengambilan sumpah 17 kepala daerah berjalan lancar dan khidmat.

Dalam sambutannya, Gubernur menekankan beberapa poin yang harus ditindaklanjuti oleh Bupati/Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Sebagai kepala daerah, Gubernur menekankan mengenai amanah yang diberikan rakyat dan akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan YME.

Ganjar menginginkan, semua Bupati/Wali Kota yang terpilih tidak lupa dengan visi-misinya, dan setelah dilantik mereka harus segera mengeksekusi demi kesejahteraan rakyat.

"Reformasi birokrasi menjadi sangat penting dilakukan saat ini, maka saya tadi titipkan itu. Saya katakan, buat saya jabatan ini cuma mandat saja, tuannya ya rakyat. Sehingga mereka diharapkan mengerti dan bekerja sesuai apa yang menjadi visi misinya dulu. Sekarang saatnya dieksekusi," kata Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga menyampaikan sejumlah pesan kepada para kepala daerah yang dilantik. Persoalan penanganan Covid-19 diminta dikebut, termasuk mitigasi bencana yang akhir-akhir ini terjadi.

"Gunakan teknologi di masa yang sekarang ini untuk bisa melakukan quick respon terhadap semua permasalahan yang ada di masyarakat," pesannya (red)

#GanjarPranowo

Komentar