Kembali PPKM Mikro di Pati Diperpanjang Sampai 22 Maret

(Foto: Bupati  Pati Haryanto)

Kabarpatigo.com - PATI - Kembali Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro diperpanjang selama dua pekan. Rencananya PPKM berbasis mikro lanjutan ini akan berlangsung hingga tanggal 23 Maret 2021.

Bupati Pati Haryanto menanggapi hal ini tidak kaget dengan keputusan pemerintah pusat. Ia bahkan memprediksi kebijakan yang membatasi kegiatan masyarakat hingga tingkat desa ini akan terus diperpanjang hingga Hari Raya Idul Fitri.

Hal ini disampaikan Haryanto saat memimpin Rapat Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati di Pendopo Kabupaten Pati, Senin (8/3/21).

“Nanti saya yakin diperpanjang lagi. Nanti bisa sampai lebaran. Apalagi menjelang lebaran. Mungkin vaksin selesai itu baru (selesai),” tutur Bupati.

Meskipun demikian, ia meminta kepada masyarakat untuk bersabar. Ia mengakui banyak masyarakat yang tidak sepakat dengan kebijakan ini. Namun hal ini perlu dilakukan demi memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Sekalipun banyak yang grundel tetapi mau tak mau kita terapkan PPKM. Kita belum bisa bebas. Di Tasikmalaya itu sudah bisa pembelajaran tatap muka. Tapi akhirnya banyak yang positif,” ujar Haryanto.

Haryanto yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati ini pun meminta jajarannya untuk giat dalam menyukseskan kebijakan ini.

Ia memerintahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Pati Edy Siswanto untuk gencar melakukan tracing di desa-desa. Terutama melakukan tes swab massal yang ditujukan untuk para panitia penyelenggara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Semantara itu, Dandim 0718 Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani menambahkan, pemerintah desa maupun petugas Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati perlu melakukan edukasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan.

“Perlunya para petugas melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar menjalankan protokol kesehatan,” tegas Dandim. (*)

#Haryanto

Komentar