Hadiri Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang 2021, Bupati Haryanto Menjadi Inspektur Upacara

(Foto: Bupati Haryanto saat menjadi Inspektur upacara dalam Hati Agraria dan Tata Ruang 2021, Pati Jumat 24 Sep 2021)

Kabarpatigo.com - PATI - Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2021 dilaksanakan secara sederhana di halaman Kantor Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pati, Jumat (24/9/21).

Bupati Haryanto sematkan penghargaan Satya Lencana kepada sejumlah pegawai Agraria Dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang berprestasi.

Pada kesempatan itu, Bupati Haryanto yang bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan amanat Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. DJalil.

Dalam amanatnya tersebut, Haryanto menyampaikan selamat merayakan Hari Agraria dan Tata Ruang kepada seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN.

"Pada peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2021 ini kita mengusung tema melalui Pemulihan Ekonomi "Percepatan Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional", dengan maksud melaksanakan Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) dan turunannya untuk menciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia dengan memberikan cara kemudahan berusahna bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta mendorong investasi," ucap Haryanto.

Undang-Undang Cipta Kerja salah satu tujuannya adalah memperbaiki persoalan perizinan kegiatan berusaha, telah memberikan ruang yang lebih luas dan peran penting bagi tata ruang sebagai ujung tombak dalam pemberian izin berusaha.

Sehingga, Lanjut Haryanto, dukungan terkait kemudahan perizinan diberikan melalui penyederhanaan persyaratan, dimana hanya ada 3 (tiga) persyaratan dasar yang dibutuhkan dalam rangka kegiatan berusaha yaitu Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR), Persetujuan Lingkungan dan Detail Tata Ruang (RDTR) bersama-sama Pemerintah yang Daerah harus kita dorong dan percepat penerbitannya.

"Terkait tata ruang, Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan inovasi dan terobosan Geographyc Information System Tata Ruang (GISTARU) di antaranya RTR- Online RDTR RTR-Builder, Interaktif, Konsultasi Publik Online, dan Protaru," imbuhnya

Sejalan dengan semangat percepatan
pemulihan ekonomi nasional, hari ini akan diluncurkan Sistem Pendaftaran Online Aplikasi Loketku dan Aplikasi Permohonan Informasi Online. Dengan adanya layanan elektronik ini, maka masyarakat lebih yakin mengenai kelengkapan berkasnya sebelum datang ke kantor pertanahan.

Pelayanan pertanahan elektronik ini nantinya akan secara meningkatkan efisiensi waktu, biaya, dan transparansi pelayanan.

"Wujudkan pelayanan yang terbaik bagi kepentingan Bangsa dan Negara tercinta serta apa yang kita lakukan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah untuk banyak orang," pungkas Bupati. (red)

#Haryanto

Komentar