Bamsoet Bersama Presiden Joko Widodo Lepas Parade Energy to Speed Up Parade Pembalap MotoGP dari Istana Negara

(Foto: Presiden Jokowi didampingi Bambang Soesatyo saat melepas konvoi Energy to Speed Up Parade, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 16 Mar 2022)

Kabarpatigo.com -JAKARTA - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendampingi Presiden Joko Widodo melepas konvoi Energy to Speed Up Parade yang diikuti 16 pembalap MotoGP, 2 pembalap Moto2, 1 pembalap Moto3, dan 1 pembalap Asia Talent Cup, serta konvoi ratusan komunitas klub motor anggota IMI dari wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya di bawah koordinasi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran.

Energy to Speed Up Parade mengambil rute start dari Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara masuk Jalan Medan Merdeka Barat lalu menyusuri Jalan MH Thamrin dan berputar di Bundaran HI serta finish di Hotel Indonesia Kempinski.

"Energy to Speed Up Parade menjadi sejarah karena selama penyelenggaraan MotoGP, baru kali ini para pembalap MotoGP mengikuti parade terbesar yang diselenggarakan oleh tuan rumah, dengan turut mengikutsertakan komunitas motor. Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengendarai motor di satu lintasan aspal bersama para pembalap MotoGP yang selama ini hanya bisa mereka saksikam melalui televisi," ujar Bamsoet bersama Menteri BUMN Erick Tohir usai mendampingi Presiden Joko Widodo melepas konvoi Energy to Speed Up Parade, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/22).

Pembalap MotoGP yang hadir antara lain, Marc Marquez (Repsol Honda Team), Pol Espargaro (Repsol Honda Team), Joan Mir (Team Suzuki Ecstar), Alex Rins (Team Suzuki Ecstar), Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team), Jack Miller (Ducati Lenovo Team), Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGP), Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing MotoGP), Johann Zarco (Pramac Racing), Jorge Martin (Pramac Racing), Alex Marquez (LCR Honda Castrol), Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu), Andrea Dovizioso (WithU Yamaha RNF MotoGP Team), Darryn Binder (WithU Yamaha RNF MotoGP Team), Luca Marini (Mooney VR46 Racing Team), dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team).

Sementara pembalap Moto2 yang hadir antara lain Bo Bendsneyder (Pertamina Mandalika SAG Team), dan Gabriel Rodrigo (Pertamina Mandalika SAG Team).

Hadir pula pembalap Moto3 Mario Suryo Aji (Honda Team Asia), serta pembalap Asia Talent Cup Veda Ega Pratama (Astra Honda Racing Team).

Turut hadir Menteri BUMN Erick Thohir, Chief Executive Officer Dorna Sports Carmelo Ezpeleta, Chief Sporting Officer Dorna Sport Carlos Ezpeleta, dan Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI Bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, setelah bertemu dan dijamu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, dilanjutkan mengikuti Energy to Speed Up Parade, para pembalap MotoGP, Moto2, Moto3, dan Asia Talent Cup akan terbang ke Lombok, NTB untuk mengikuti berbagai rangkaian kejuaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Pada Kamis, 17 Maret 2022 akan ada tes teknikal lintasan, inspeksi keamanan lintasan, pengenalan lintasan untuk pembalap, dan jumpa pers. Pada Jumat, 18 Maret 2022 akan ada free practice 1 dan 2 Moto3, Moto2, MotoGP, dan Asia Talent Cup.

"Kemudian pada Sabtu 19 Maret 2022 akan ada kualifikasi Asia Talent Cup; free practice 3 untuk Moto3, Moto2, dan MotoGP; serta kualifikasi 1 Moto3, kualifikasi 2 Moto3, kualifikasi 1 Moto2, kualifikasi 2 Moto2, free practice 4 MotoGP, kualifikasi 1 MotoGP, kualifikasi 2 MotoGP, dan balapan Asia Talent Cup. Sedangkan pada Minggu 20 Maret 2022, diselenggarakan Balapan 2 Asia Talent Cup, Pemanasan Moto3, Pemanasan Moto2, Pemanasan MotoGP, Balapan Moto3, Balapan Moto2, dan puncaknya Balapan MotoGP," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Keamanan dan Pertahanan KADIN Indonesia ini menerangkan, antusiasme masyarakat menyaksikan Energy to Speed Up Parade sekaligus telah terjual habisnya 60 ribu tiket nonton MotoGP menjadi penanda batapa masyarakat Indonesia sudah sangat merindukan hadir kembalinya MotoGP setelah absen selama lebih kurang 25 tahun dari Indonesia. Sekaligus menjadi penanda bahwa Indonesia tidak kalah hebat dari berbagai negara dunia lainnya.

"Selain juga bisa meningkatkan kemampuan dan gairah para atlet balap nasional, kehadiran MotoGP juga bisa memberikan County Branding yang luar biasa bagi Indonesia. Antara lain melalui Tv Eksposure di 207 negara dengan 31.525 jam siaran, yang disaksikan hampir 2 miliar penonton dunia. Selain juga memanfaatkan 9.454 perwakilan media internasional dan sekitar 3 ribu media cetak dari berbagai negara pecinta MotoGP. Menjadikan Indonesia semakin dikenal oleh penduduk dunia," pungkas Bamsoet. (red)

#BambangSoesatyo

Komentar