Kwarda HW Pati Gelar Sosialisasi dan Pemantapan Kepanduan HW di SMA dan SMK Muhammadiyah 1 Pati

(Foto: Ramanda Makmun Ghazali saat memberikan materi kepada peserta orientasi dan pembekalan Kepanduan HW di Aula SMK Muhammadiyah 1 Pati, Sabtu 5 Mar 2022)

Kabarpatigo.com - PATI - Kwartir Daerah Hizbul Wathan (Kwarda HW) Kabupaten Pati menggelar Orientasi dan Pembekalan Kepanduan Hizbul Wathan kepada Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Pati.

Acara orientasi dan pembekalan Kepanduan Hizbul Wathan ini dilaksanakan di aula SMK Muhammadiyah 1 Pati pada hari Sabtu (5/3/22) pagi.

Orientasi ini merupakan program dari kwarda HW Pati yang dilaksanakan secara bertahap, sebelumnya kegiatan serupa dilaksanakan di wilayah zona selatan yang dilaksanakan di komplek perguruan Muhammadiyah Sukolilo.

Dengan tema kegiatan "Sosialisasi dan Pemantapan serta Pembekalan Kegiatan HW", ini diikuti 70 peserta dari SMA dan SMK Muhammadiyah 1 Pati, Kepala Sekolah dan karyawan.

Hadir dalam orientasi dan pembekalan Kepanduan HW sekretaris Dikdasmen Wahid Hidayat, dalam sambutannya ia menyampaikan pentingnya pengkaderan di Muhammadiyah.

"HW adalah salah satu pengkaderan di Muhammadiyah yang paling bagus karena langsung berkiprah di AUM," kata Wahid.

(Foto: Peserta orientasi dan pembekalan Kepanduan HW)

Sementara itu mewakili Kwarda HW, sekretaris Kwarda HW Kabupaten Pati Ramanda Khayun Fulanun mengingatkan dan mempertegas akan tugas-tugas di kepanduan HW itu dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan.

"Dalam ber-HW harus ikhlas karena tidak ada honor ragu dan bimbang lebih baik pulang," tegasnya.

Disamping itu Khayun juga memberikan motivasi kepada peserta bahwa dalam kepanduan HW itu berat, tapi jika dengan rasa ikhlas akan menggembirakan, dan ia mengajak kepada pimpinan AUM kedepannya untuk aktif di Kwarda.

"HW itu berat tapi kalau ikhlas menjadi ringan dan menyenangkan, pimpinan AUM wajib masuk Kwarda (jangka panjang)," imbuhnya.

Dalam orientasi dan pembekalan Kepanduan Gerakan Hizbul Wathan ini, peserta diberikan materi tentang ke-HW-an yang disampaikan oleh pemateri. Materi yang disampaikan terkait Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

"Khittah Muhammadiyah dalam berMuhammadiyah harus kaffah," pungkas Ramanda Ma'mun Ghozali saat sebagai pemateri. (aa)

#HizbulWathanPati

Komentar