Tanwir II Pemuda Muhammadiyah Dibuka Presiden Jokowi, Presiden Ajak Pemuda Muhammadiyah Bersama-sama Membangun Fondasi Bagi Indonesia Masa Depan

(Foto: Presiden RI Joko Widodo saat membuka Tanwir II Pemuda Muhammadiyah di Jambi, Jumat 4 Mar 2022)

Kabarpatigo.com - JAMBI - Perhelatan Tanwir II Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah di Jambi secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo, Jumat siang (4/3/22).

Dalam forum bertema “Gerakan Pemuda Negarawan”, Presiden Jokowi mengapresiasi peran serta Pemuda Muhammadiyah dalam ikhtiar dua tahun melawan pandemi Covid-19. 

Jokowi juga mendorong Pemuda Muhammadiyah untuk terus melakukan lompatan dalam membangun Indonesia Maju.

Saya mengajak Pemuda Muhammadiyah dengan semangat amar makruf nahi mungkar bukan hanya menjawab dan memberikan solusi bagi problematika masyarakat hari ini, tapi juga bersama-sama membangun fondasi bagi Indonesia masa depan,” kata Jokowi.

Pemuda Muhammadiyah harus menyiapkan diri untuk mengantisipasi masa depan, menyiapkan kader-kader yang unggul, lincah dan adaptif dengan perkembangan teknologi. Mampu beradaptasi cepat dengan emerging knowledge, emerging skills, dan emerging jobs.Tapi tetap memiliki akar kepedulian yang tinggi terhadap masalah-masalah keumatan, kemasyarakatan, dan kebangsaan,” Imbuhnya.

“Saya yakin, kader-kader Pemuda Muhammadiyah yang tersebar di seluruh penjuru tanah air menjadi garda terdepan dalam perubahan masyarakat. Ikut terlibat dalam meletakkan fondasi transformasi bangsa serta menjadi pionir untuk mewujudkan Indonesia Maju. Indonesia yang berkemajuan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Sunanto mengatakan Pemuda Muhammadiyah sebagai kepanjangan tangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah memiliki tugas khusus menghimpun, membina, dan menggerakkan potensi pemuda Islam menjadi bibit-bibit negarawan.

Selain membina pemuda Islam, Pemuda Muhammadiyah memiliki mandat untuk memastikan nasib bangsa berada dalam kondisi yang baik. Memberikan energi positifnya bagi kebaikan agama, umat, bangsa dan negara,” tutur Cak Nanto, sapaan akrabnya.

Ketua Bidang Organisasi Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Mukayat Al Amin menambahkan, Tanwir kali ini menerapkan proses ketat baik peserta maupun seluruh audien yang hadir wajib patuh protokol kesehatan.

Peserta dibatasi, hanya diwakili 120 Orang, kader di daerah bisa mengikuti Tanwir via Zoom,” ujarnya saat dikonfirmasi PWMU.CO melalui WhatsApp.

Sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah (AD/ART) Pemuda Muhammadiyah, Tanwir adalah forum musyawarah tertinggi kedua setelah muktamar. Salah satu agenda Tanwir adalah menentukan kapan digelarnya muktamar. (pwmu.co)

#Sunanto

Komentar