Pawai Konvoi, Nelayan Juwana Demo di Depan Gedung DPRD Pati

(Foto: Nelayan membawa replika Kapal dalam aksi demo di depan Gedung DPRD Pati, Sabtu 14 Mei 2022)

Kabarpatigo.com - PATI - Ribuan nelayan Juwana pawai konvoi menuju gedung DPRD Kabupaten Pati. Masa dari paguyuban nelayan Juwana itu, menuntut dihapuskannya sejumlah kebijakan yang merugikan nasib nelayan, Sabtu (14/5/22).

Hadi Sutrisno selaku Koordinator Aksi mengatakan, ada sejumlah kebijakan yang sangat memberatkan nelayan lokal. Misalnya peraturan wilayah pengelolaan perikanan (WPP) yang baru.

"Kalau hanya satu WPP, maka kita kesulitan membayar kontribusi kepada negara dan juga kasian nelayan tidak mendapatkan hasil dengan lamanya melaut," ujar Hadi.

Secara keseluruhan nelayan menuntut agar diturunkannya indeks tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pasca produksi, yang semula 10 % menjadi 5 %.

Kemudian pemerintah diminta serius menggantikan perijinan kapal pukat udang buatan asing di WPP 718.

Nelayan juga meminta adanya pemberlakukan aturan pendampingan dua WPP yang berdampingan untuk keberlangsungan usaha perikanan lengkap.

(Foto: peserta aksi demo membawa spanduk tuntunan)

"Hentikan kapal penangkap ikan eks asing maupun asing di seluruh WPPNRI. Mengizinkan kapal pengangkut untuk kembali beroperasi di WPPNRI," imbuhnya.

Selain itu, nelayan meminta agar dihentikannya penindakan pelanggaran di laut dengan tahapan peringatan/pembinaan.

"Kita juga meminta agar diturunkannya harga BBM solar industri untuk nelayan. Jadi berikanlah kebijakan yang berpihak kepada nelayan," tegasnya.

Peserta aksi demo ditemui Ketua DPRD, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pati, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah, dan perwakilan Bupati Pati menandatangani pernyataan sikap (dukungan) kepada nelayan di depan gerbang Kantor DPRD Pati.

Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin mengungkapkan, pemerintah daerah mendukung apa yang menjadi harapan para nelayan.

"Pada prinsipnya kami mendukung langkah-langkah yang dilakukan paguyuban nelayan," ucapnya. (gatra.com)

#HadiSutrisno

(Foto: Nelayan Juwana Pati Demo di Depan Gedung DPRD Pati, Sabtu 14 Mei 2022)

Komentar

Posting Komentar