Gerakan Zero Sampah Warnai Jalan Sehat Gebyar Muktamar 48 Muhammadiyah Pati

(Foto: sponsor Jalan Sehat Gebyar Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah ke 48 Pati)

Kabarpatigo.com - PATI - Muktamar ke 48 Muhammadiyah Aisyiyah yang bertajuk "Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta" rencananya akan diselenggarakan di Surakarta Jawa Tengah pada tanggal 18-20 November 2022 yang akan datang.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pati bagian dari wilayah Jateng dalam perhelatan akbar ini mempersiapkan berbagai kegiatan untuk mensyiarkan agenda besar Muhammadiyah.

Salah satunya adalah kegiatan Jalan Sehat yang digelar oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pati, Minggu (11/9/22) yang akan datang.

Dalam menyukseskan Gebyar Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah ke 48, Jawa Tengah melakukan kegiatan jalan sehat serentak se Jateng.

Mengingat dalam Jalan Sehat melibatkan massa yang cukup banyak, maka sekaligus Muhammadiyah se Jateng memberikan edukasi dengan melakukan Gerakan Muhammadiyah Peduli Sampah (GMPS) atau Zero Sampah.

Kepedulian lingkungan terutama dalam persoalan sampah menjadi lahan dakwah Muhammadiyah Aisyiyah. PDM Pati memberikan arahan kepada panitia jalan sehat untuk menggerakkan peduli dengan sampah.

"Gerakan ini tidak hanya berhenti pada acara jalan sehat, tapi ada aksi nyata dari seluruh warga Muhammadiyah untuk bagaimana peduli dengan sampah," terang Taufiq sekretaris PDM Pati sekaligus ketua SC panitia jalan sehat Gebyar Muktamar Muhammadiyah Aisyiyah Pati.

Taufiq juga berharap dan mengajak kepada semua peserta jalan sehat membantu mengambil sampah yang ada di sepanjang rute jalan sehat yang dilalui dan kompleks kota termasuk alun-alun untuk ditempatkan sesuai tempatnya sehingga kota terlihat bersih.

"Kami mengajak warga Muhammadiyah dan masyarakat Pati untuk peduli, memberikan solusi terhadap persoalan sampah yang semakin besar," imbuhnya.

Dengan adanya gerakan Zero Sampah dalam acara Jalan Sehat ini menurut Taufiq akan menambah semangat dan motivasi, apalagi menjaga kebersihan merupakan bagian dari ibadah.

"Semoga hal ini mampu memberikan motivasi, semangat, spirit, tidak semata-mata kebersihan, namun sebagai bagian dari ibadah karena menjaga kebersihan adalah bagian dari iman kita. Selanjutnya secara bertahap dilanjutkan dengan memberikan kontribusi pengelolaan sampah yang baik," tambahnya.

Untuk menggerakkan Zero Sampah dalam acara Jalan Sehat nanti, pihak panitia menggandeng Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Aisyiyah Kabupaten Pati untuk menjadi koordinator gerakan Zero Sampah. (aa)

#MuhammadiyahPati #Muktamar48MuhammadiyahAisyiyah

Komentar