Ki Hafizh, Dalang Cilik MTsN 1 Pati Tampil Memukau dalam Pembukaan KSM Tingkat Provinsi

(Foto: Ki Hafidz Yusuf Muhammad Dalang cilik asal MTs N 1 Pati)

Kabarpatigo.com - WINONG - Hafizh Yusuf Muhammad (Ki Hafizh), dalang cilik asal MTsN 1 Pati tampil memukau pada Opening Ceremony Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 yang diselenggarakan pada Jumat (9/9/22).

Mengangkat tema Diversifikasi Madrasah, Ki Hafizh memerankan tokoh legendaris dalam dunia pewayangan yaitu Gatotkoco.

Meskipun masih belia, Ki Hafidz tertarik untuk melestarikan kebudayaan Jawa, terutama seni pewayangan.

Pada awal pementasan, Ki Hafizh mengungkapkan jika madrasah merupakan lembaga yang mendidik siswa menjadi lulusan yang cerdas, berakhlak mulia,  sholeh-sholeha, dan bermanfaat.

Selain itu, ia juga menyampaikan jika saat ini Kementerian Agama telah mengembangkan diversifikasi keunggulan madrasah, meliputi Madrasah Akademik, Madrasah Riset, MA Progam Keagamaan, MA Plus Keterampilan, termasuk MA Kejuruan.

“Kemenag mengembangkan diversifikasi keunggulan madrasah, seperti Madrasah Akademik, Madrasah Riset, MA Progam Keagamaan, MA Plus Keterampilan, termasuk MA Kejuruan," jelasnya.

Atas penampilannya tersebut, Ki Hafizh mendapat apresiasi dari berbagai pihak, terutama dari Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi pada Direktorat KSKK, Suwardi.

“Mantep, Keren,” tutur Suwardi ketika dihubungi pihak MTsN 1 Pati. Senada dengan Suwardi, Kasi Kesiswaan pada Subdit Kurikulum dan evaluasi, Nanik juga memberikan acungan jempol.

Sementara itu, Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak sangat bersyukur atas kesempatan emas yang diberikan oleh Kanwil Kemenag Jateng. Selain itu, ini merupakan sebuah kehormatan  karena dipercaya mengisi acara bergengsi, KSM.

“Saya selaku kepala MTsN 1 Pati merasa sangat bersyukur atas kesempatan dan kehormatan yang luar biasa dari Kanwil Kemenag Jateng. Dalam acara pembukaan KSM kali ini, dua anak kami dipercaya mengisi acaranya dan salah satunya adalah dalang cilik,” ujar Ali Musyafak.

Selain Hafizh, dalam acara pembukaan KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022, tampil juga siswa MTsN 1 Pati Juara 1 Cabang Tahfidz Satu Juz dan Tilawah MTQ ke-29 Provinsi Jawa Tengah, Durrotun Asyifa Baizurman yang melantunkan ayat suci Al-Quran.

Hafidz Yusuf Muhammad adalah Dalang Cilik asal Desa Jatiroto Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Hafid merupakan salah satu putra dari anggota DPRD Provinsi Jateng Supriyanto. red)

#HafidzYusufMuhammad

Komentar