Singgih Januratmoko Bangga Terhadap Kinerja BUMN Karya yang Ikut Berkontribusi Besar Bagi Pembangunan IKN

(Foto: Anggota Komisi VI DPR RI Singgih Januratmoko sosialisasi bersama PT Wijaya Karya di Hotel Syariah Surakarta, Jumat 6 Jan 2023)

Kabarpatigo.com - SURAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Singgih Januratmoko menyampaikan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. memiliki kontribusi besar bagi pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) yang saat ini tengah dibangun.

Hal itu diungkapkan Singgih saat menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi BUMN yang bertajuk 'BUMN Karya Memberikan Kontribusi Terhadap Pembangunan IKN', yang digelar di Hotel Syariah pada Jumat (6/1/2023).

Singgih menilai Adhi Karya merupakan BUMN Konstruksi yang memiliki kredibilitas yang kuat di Indonesia. PT Adhi Karya (Persero) Tbk. berdiri sejak 1960 merupakan nasionalisasi perusahaan Belanda dan merupakan perusahaan konstruksi pertama yang melantai di bursa Efek sejak tanggal 18 Maret 2002 dengan kode ADHI.

Singgih mengatakan, pembangunan IKN Nusantara merupakan upaya Pemerintah untuk mengusung pembangunan ekonomi yang inklusif, dengan menyebarluaskan magnet pertumbuhan ekonomi baru sehingga tidak hanya bertumpu di Pulau Jawa semata.

“IKN Nusantara merupakan wujud dari identitas bangsa, green economy, green energy, smart transportation, dan tata kelola pemerintahan yang efesien dan efektif sebagai milestone transformasi besar bangsa Indonesia,” ungkap Singgih.

Politisi Partai Golkar ini menuturkan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. mendapatkan amanah sebagai kontraktor yang turut berkontribusi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sampai dengan saat ini, ADHI telah memperoleh 4 kontrak pembangunan infrastruktur IKN Nusantara, antara lain 22 Tower untuk Hunian Pekerja Konstruksi IKN, Pelindung Fender Jembatan Pulau Balang, Jalan Tol Seksi 3A Segmen Karangjoang-KTT Kariangau, dan terbaru, ialah Rumah Tapak Kedinasan di IKN Nusantara.

Pada proses pelaksanaannya, lingkup pekerjaan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. meliputi, perencanaan dan perancangan, pekerjaan konstruksi dan infrastruktur kawasan, seperti rumah tapak, penataan kawasan untuk fasilitas umum dan sosial, serta prasarana dan sarana kawasan.

Dengan adanya penambahan pekerjaan di Pembangunan IKN, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. mendapatkan keuntungan tersediri, selain penambahan kontrak baru yang dapat meningkatkan Kinerja Perusahaan, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. juga dapat meningkatkan value sebagai kontraktor yang dipercaya untuk turut membangun Negeri.

“Selain itu, dengan adanya Peningkatan Kinerja Perusahaan tentu diharapkan Perseroan juga memberikan manfaat bagi Pemerintah, Negara dan Masyarakat, salah satu nya, melalui Peningkatan PDB/PDRB, Penambahan Lapangan Kerja, Peningkatan Pajak dan Dividen,” tutup Singgih.

Saat ini, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. juga tengah mengerjakan Hunian Pekerja Konstruksi di IKN, Pembangunan ini menggunakan Teknologi Modular yang merupakan karya anak bangsa, Konstruksi Rumah Susun dengan menerapkan teknologi fabrikasi hunian modular dapar membuat proyek hunian untuk pekerja Konstruksi lebih cepat dibangun serta layak huni.

Direncanakan rusun tersebut terdiri dari 22 tower, memiliki 4 lantai yang dapat menampung 17.000 pekerja atau minimal 15.600 tenaga kerja. Fasilitas yang disediakan nantinya mencakup meubelair, unit kesehatan, kantin, toko, tempat ibadah, dan building management. (red)

#SinggihJanuratmoko

Komentar