Pentingnya Bahaya Rokok, LKSA Putra Muhammadiyah Pati Adakan Sosialisasi Bahaya Rokok

(Foto: Santri LKSA Putra Muhammadiyah Pati mendapatkan materi bahaya rokok dari Ustadz Afza Fajri Hatami, Lc di Aula PDM Pati, Selasa 14 Feb 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak ( LKSA) Putra Muhammadiyah Pati adakan sosialisasi Bahaya Rokok ditinjau dari Medis dan Syariat.

Acara sosialisasi ini dilaksanakan di Ruang Aula kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pati, Selasa (14/2/23).

Hadir sebagai Narasumber dr. Faris Azis Saifinnuha yang juga Dokter Umum di RS Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati dan Al Ustadz Afza Fajri Hatami, Lc selaku ketua PDPM Pati.

Baca Juga: TK Aisyiyah Bustanul Athfal O2 Pati Tuan Rumah Porseni Tingkat Karasidenan Pati

Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh Santri dan Pengurus LKSA Putra Muhammadiyah Pati.

Berbicara bahaya rokok, dr Faris menyebutkan pada satu batang rokok mengandung banyak sekali zat-zat berbahaya seperti karbon monoksida, nikotin, tar, hidrogen sianida, benzena, formaldehida, arsenik, ammonia, kadium.

"Yang lebih berbahayanya lagi, zat-zat beracun tersebut dapat mengendap dan menumpuk dalam tubuh dan menyebabkan banyak sekali masalah kesehatan," terang Faris.

Sedangkan dari tinjauan Syariat Islam yang disampaikan Al Ustadz Afza Fajri Hatami, Lc tentang bahaya rokok, diantaranya;

1. Karena Termasuk Khobaits perbuatan yang dilarang dalam Islam

2. Karena merokok mengandung unsur menjerumuskan diri ke dalam kebinasaan

3. Merokok dapat membahayakan diri dan juga orang lain

4. Membelanjakan uang untuk rokok merupakan perbuatan yang mubadzir

5. Merokok bertentangan dengan Maqashid Syariah

Hadir juga dalam sosialisasi tersebut ketua LKSA, Drs. H Jaka Murapriyanta, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kegiatan sosialisasi ini bagi santri LKSA

"Saya sangat setuju dan mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini, dengan harapan santri santri LKSA mengetahui tentang bahaya rokok dri tinjauan medis dan juga syariat," pungkas Jaka Murapriyanta. (aa)

#LKSAPutraMuhammadiyahPati #PantiPutraMuhammadiyahPati

Komentar