30 Menit, Waktu Menentukan Ketua Muhammadiyah Pati yang Baru

(Foto: anggota 11 Formatur PDM Pati periode 2022-2027)

Kabarpatigo.com - PATI - Setelah terplihnnya formatur Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pati periode 2022-2027, dinamika dipersyarikatanpun masih tetap bergerak.

Selanjutnya 11 Formatur terpilih melakukan musyawarah internal untuk menentukan ketua, sekretaris dan bendahara yang akan memimpin perjalanan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pati kedepan.

Pleno memang cukup lama, bukan karena gontok-gontokan ingin menjadi ketua. Tetapi lama karena, harus dimusyawarahkan secara mufakat.

Perjalanan rapat diawali dan dibuka oleh Ketua Panitia Pemilihan yang didampingi oleh semua anggota Panitia Pemilihan dan 11 Formatur PDM Pati terpilih.

Selanjutnya Ketua Panitia Pemilihan mempersilahkan kepada saudara Bonar Budiono (Bendahara Pemuda Muhammadiyah) selaku peroleh suara terbanyak diantara formatur terpilih untuk memberikan pendapatnya.

Berita mengejutkan dari Bonar Budiono yang secara mengejutkan dan tidak terfikirkan sedikitpun akan memperoleh suara terbanyak dari musyawirin.

(Foto: kabarpatigo)

Akhirnya beliau memutuskan tidak siap menjadi ketua karena masih butuh pengalaman. Beliau lebih suka menjadi manajer dari pada leader.

Sehingga selanjutnya diberikan kepada suara terbanyak kedua Sutaji dimana beliau adalah ketua PDM Pati periode 2005-2015 (2 periode). Beliaupun menyatakan berharap Bonar siap mengemban amanah ketua, dan lebih mengutamakan pada generasi muda.

Baca Juga: Hadiri Musyda Muhammadiyah dan Aisyiyah, Pj Bupati Apresiasi atas Berbagai Kontribusi yang Diberikan Muhammadiyah dan Aisyiyah Pati

Akhirnya bola berputar terus, sampai 11 formatur berpendapat satu per satu.

Sekretaris PDM Pati 2015-2022, Taufiq yang juga masih sebagai formatur terpilih mengusulkan kepada Bonar Budiono untuk menerima atau mengusulkan ketua yang akan dibahas lebih lanjut.

Usulan Taufiq diterima  oleh musyawirin dan tibalah ketua Panitia Pemilihan memberikan opsi kepada Bonar Budiono untuk memilih salah satu opsi diantara 2 opsi yang ditawarkan.

Opsi pertama beliau menerima siap sebagai ketua dan opsi kedua beliau diperkenankan mengusulkan ketua untuk dibahas lebih lanjut.

Akhirnya beliau mengusulkan yang senior diusulkan Muhammad Luqman (Anggota PDM 2015-2022) dan yang muda diusulkan Dede Hermawan (Ketua PCM Juwana).

Selanjutnya mereka berdua menyatakan pendapatnya, saudara Dede Hermawan mempersilahkan Muhammad Luqman untuk mengemban amanah sebagai ketua dengan bahasa isyarat sudah cukup mewakili.

Muhammad Luqman akhirnya menerima mengemban amanah sebagai ketua PDM Pati 2022-2027.

Perjalanan 30 menit dalam rapat formatur akhirnya disepakati dan disetujui oleh semua formatur. Tibalah saatnya Ketua terpilih menunjuk pendampingnya sebagai Sekretaris dan Bendahara.

Beliau tanpa pikir panjang, langsung menunjuk sebelahnya Arova Bakhtiar, yang sebelumnya di Majelis Tarjih PDM ditunjuk sebagai Sekretaris dan Bonar Budiono sebagai bendahara. (tfq)

Komentar