Hati-Hati!!! Arus Lalu Lintas Jembatan Juwana Pati Dialihkan di Jembatan Sisi Selatan

(Foto: Jembatan Juwana Pati)

Kabarpatigo.com - JUWANA - Dalam rangka pengujian beban atau commissioning test di Jembatan yang baru dibangun di area Pantura Timur. Besok, Jumat 5 Mei 2023 Jembatan Juwana akan ditutup selama 3 jam.

Penutupan dimulai pada pukul 09.00 WIB dan diperkirakan sebelum dhuhur jembatan sudah dibuka.

"Estimasi mulai jam 09.00 WIB, estimasi tiga jam. Nanti sebelum salat Jumat sudah selesai," kata Supervisor Bukaka Jembatan Juwana, Shindu Yoga kepada detikJateng lewat sambungan telepon, Kamis (4/5/23).

Shindu mengatakan pengujian beban bertujuan untuk memvalidasi sistem SHMS yang terpasang bahwa sistem tersebut dapat berjalan dengan baik dan menjamin pengoperasiannya secara aman.

Baca Juga: Halal Bihalal PKK Kabupaten Pati, Sekda Berharap Program Kerja dan Kegiatan PKK Semakin Inovatif dan Bermanfaat

Ada beberapa instrumen yang diuji. Di antaranya accelerometer, tiltmeter, strain gauge, temperature sensor, dan sistem SHMS.

"Pengujian ini sebenarnya pengujian alat, jadi jembatan itu kita pasang alat, SHMS jadi untuk memonitor semua kendaraan yang lewat," kata Shindu.

Adapun alat yang diuji adalah truk, kayu balok dan ram atau jumper. Adapun urutan kerja ada pengujian dinamik opsi satu, pengujian dinamik opsi dua, dan pengujian statik.

"Jadi yang kita uji alatnya sensornya itu, alat itu yang kita pasang akan kita uji berfungsi secara normal sesuai target kita tidak," kata Shindu.

Imbas adanya penutupan Jembatan Juwana, lanjutnya, arus lalu lintas akan dialihkan sementara melewati Jembatan Juwana sisi selatan atau jalan Detur Juana 1A.

Shindu juga telah berkoordinasi kepada dinas terkait untuk pengalihan arus lalu lintas di Pantura Juwana, Pati tersebut.

"Kita alihkan ke jalan seperti dulu, sudah berkoordinasi dengan Lantas (polisi), dengan Dishub terus sosialisasi kepada masyarakat," tutup Shindu. (red)

Komentar