Audiensi Bersama DPRD Pati, Pasopati Minta Kenaikan Dana Siltap dan Dana Intensif RW dan RT

(Foto: DPRD Kabupaten Pati menerima Audiensi bersama Pasopati, Selasa 20 Jun 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Bertempat di ruang Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Pati, Pimpinan DPRD Kabupaten Pati dan anggota Banggar bersama OPD terkait menerima audiensi dari Paguyuban Solidaritas Kepala Desa dan Perangkat Desa (Pasopati) Kabupaten Pati pada Selasa (20/6/23) kemaren siang.

Diketahui dalam audiensi yang dilakukan Pasopati kali ini mereka meminta agar tunjangan atau dana intensif RT dan RW untuk dinaikkan.

Hal tersebut lantaran dana intensif yang diterima saat ini dirasa masih kurang, mengingat RT dan RW merupakan ujung tombak dalam melaksanakan kegiatan yang berjalan di Desa.

Selain itu, menurut Ketua Pasopati Pandoyo juga mengatakan jika kedatangannya ini untuk menyampaikan beberapa aspirasi yang diantaranya meminta kenaikan penghasilan tetap (Siltap) bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa terutama yang memang tidak ada bengkok Desanya, yang diharapkan dengan adanya kenaikan tersebut akan mengacu kinerja dari Pemerintah Desa.

Lanjutnya, dirinya juga menjelaskan terkait keadaan Pemerintah Desa di Pati saat ini, dimana masih banyak Desa yang belum mengisi kekosongan Perangkatnya.

Baca Juga: Terkait Pengisian Perangkat Desa, Pasopati Datangi dan Desak DPRD Pati

"Sehingga kami meminta agar diselenggarakan pengisian terkait dengan kekosongan perangkat Desa tersebut," ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin menyampaikan jika usulan yang telah disampaikan oleh teman - teman Pasopati ini sepenuhnya kami terima, dan tentunya akan kami kawal dalam pembahasanya bersama pihak eksekutif nanti. Sebab, dalam perencanaanya merupakan bagian dari eksekutif.

"Apa yang disampaikan tadi selanjutnya akan kami diskusikan dengan eksekutif. Karena apapun perencanaan merupakan bagian eksekutif," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Ali Badrudin juga meminta pihak eksekutif untuk memasukkan usulan dari Pasopati ini dicatat kedalam perencanaan terlebih dahulu, baru selanjutnya dilakukan pembahasan bersama.

"Dan tentunya kami juga akan melakukan komunikasi dengan Pj Bupati. Dan mana usulan yang menjadi skala prioritas nanti akan kami prioritaskan untuk kami laksanakan terlebih dahulu," tuturnya.

Ketua DPRD Ali Badrudin juga menambahkan terhadap audiensi yang diselenggarakan ini, dirinya sangat mengapresiasi karena pelaksanaan audiensi tidak dibarengi dengan aksi demo.

Menurutnya, anggota DPRD akan selalu siap untuk menampung semua usulan aspirasi dari masyarakat. Tentunya dengan cara yang kondusif dan tidak melakukan aksi demo di jalan. (red)

(Foto: Demo Para RT RW se Kabupaten Pati)

Komentar