Kasus Stunting Tinggi, Desa Tlogosari Jadi Pilot Project 'AYO BERDENTING' dalam Penanganan Stunting

(Foto: Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro saat berada di Desa Tlogosari Tlogowungu, Rabu 14 Jun 2023)

Kabarpatigo.com - TLOGOWUNGU - Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro bersama Pj Ketua TP PKK Kabupaten Pati Faiza Henggar menghadiri pembukaan pilot project "Ayo Berdenting", Rabu (14/6/23).

Melalui kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Tlogosari Kecamatan Tlogowungu ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Pati bersama Polri, berkomitmen untuk menekan angka stunting hingga 0 persen.

Desa Tlogosari Kecamatan Tlogowungu menjadi pilot project Ayo Berdenting (Aktual,Yakin, Obyektif Bersama Identifikasi Stunting) karena dinilai memiliki angka stunting tinggi.

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro mengatakan, angka stunting di Desa Tlogosari tergolong tinggi.

Namun demikian, Henggar menuturkan bahwa banyak penyebab terjadinya stunting. Bukan hanya karena dari kondisi fisik anak itu ssndiri, namun juga lantaran pola asuh dan perhatian orang tua.

Baca Juga: Perkuat Toleransi Berbasis Desa, Kemenag Pati Gelar Sosialisasi Kampung Moderasi Beragama

"Tadi sudah dijelaskan pak camat, bahwa memang angka stunting di Desa Tlogosari ini tergolong tinggi. Ada 35 orang. Saya yakin bukan karena dari gizinya, tapi juga lantaran perhatian dari orang tua," ungkap Pj Bupati.

Henggar pun menyebut bahwa pola asuh anak ini harus diperhatikan karena anak-anak sering sulit makan. Apalagi jika orang tuanya tidak memberikan perhatian lebih.

"Sehingga kondisi-kondisi stunting ini ke depannya akan kita coba hapuskan. Sehingga ini butuh langkah bersama serta kolaborasi antara kita yang di kabupaten, kecamatan, kemudian bapak ibu Petinggi, dan tentunya ini harus bareng-bareng," tandasnya.

Dengan adanya pelaksanaan pilot project ini, Henggar berharap tahun depan 35 orang ini mampu keluar dari zona stunting.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Pati bersama Kapolresta Pati serta stakeholder terkait juga melakukan pengecekan peralatan dan tenaga kesehatan yang disiapkan dalam menangani angka stunting di Desa Tlogosari ini. (red)

Komentar