Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, SMP Muhi Pati Ditunjuk Sebagai Perwakilan Sekolah Muhammadiyah Jateng untuk Mengikuti ICP

(Foto: Asih Dewi Oktavianti Waka Kurikulum SMP Muhi Pati mewakili SMP Muhi Pati menghadiri agenda Brainstorming Rintisan ICP di Universitas Muhammadiyah Semarang, Senin 5 Jun 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - SMP Muhammadiyah 1 Pati ditunjuk oleh Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal (Dikdasmen-PNF) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng sebagai perwakilan sekolah Muhammadiyah jenjang SMP untuk mengikuti Internasional Class Program (ICP).

Sebelumnya SMP Muhammadiyah 1 Pati mendapat undangan secara Daring untuk mengikuti rapat persiapan rintisan sekolah bertaraf internasional dalam kegiatan International Class Program (ICP).

Rapat zoom meeting ini dalam rangka persiapan ICP di lingkungan sekolah/madrasah Muhammadiyah Jawa Tengah yang diadakan oleh Dikdasmen-PNF PWM Jateng.

Pasca zoom meeting SMP Muhammadiyah 1 Pati mendapat undangan dari Dikdasmen-PNF untuk hadir mengikuti agenda Brainstorming Rintisan ICP dengan Internasional Islamic School Malaysia (IISM) di Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus).

Mendapat undangan tersebut, pihak SMP Muhi Pati mengirim utusan untuk mengikuti Brainstorming dan MoU terkait persiapan agenda ICP yang diselenggarakan Dikdasmen-PNF Jateng.

(Foto: MoU SMP Muhammadiyah 1 Pati bersama International Islamic School Malaysia) 

Bertempat di GKB I Universitas Muhammadiyah Semarang, Majelis Pendidikan Dasar, Menengah, dan Pendidikan Non-Formal (Dikdasmen PNF) PWM Jawa Tengah menggelar Brainstorming Rintisan ICP dengan IISM Malaysia, Senin (5/6/23).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Majelis Dikdasmen PNF PWM Jawa Tengah Dr. H. Iwan Junaedi, M.Pd. beserta jajaran, Manager Corporate Affairs Department IIUM School Ahmad Zaki Bin Mohd Zainal beserta jajaran, dan tamu undangan lainnya.

Dalam pertemuan yang menghadirkan 98 Kepala SD/MI/SMP/MTs/SMA/SMA/SMK Muhammadiyah se-Jawa Tengah tersebut ditandatangani kerjasama antara Majelis Dikdasmen PNF PWM Jawa Tengah, ISSM Malaysia, dan Unimus.

Baca Juga: Menelan Biaya 130 Milyar, RS Sarkies ‘Aisyiyah Kudus Menjadi Termegah se-Indonesia Diresmikan Sekjen PP Muhammadiyah dan Bupati

Mohammad Yusuf, Ph.D. selaku Anggota Bidang Kerja Sama Majelis Dikdasmen PNF PWM Jawa Tengah menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal realisasi kebijakan Majelis Dikdasmen PNF PWM Jawa Tengah dalam rangka meningkatkan pendidikan sekolah/madrasah Muhammadiyah ke taraf internasional.

Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk memulai International Cross Program (ICP). Dengan bertemuan bersama IISM Malaysia tentunya ini menjadi satu modal awal bagi Majelis Dikdasmen PNF PWM Jawa Tengah untuk memenuhi ICP,” ungkap Yusuf.

Ia juga menyampaikan bahwa setelah penandatanganan kerja sama ini akan ada kegiatan-kegiatan lanjutan. Seperti pelatihan bagi guru untuk implementasi kurikulum internasional, dsb.

“ICP sendiri minimal harus mempersiapkan banyak hal, fasilitasnya, gurunya, serta siswanya. Salah satu yang mendasar adalah penggunaan bahasa Inggris, setidaknya 50 % mapel bilingual,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Pati, Lintal Muna mengaku gembira mendapatkan kabar kalau SMP Muhi Pati masuk nominasi sekolah rintisan bertaraf internasional di lingkungan sekolah Muhammadiyah Jateng.

Ia akan menyiapkan segala hal apa yang sudah menjadi syarat untuk dapat bersaing agar dapat lolos dalam kegiatan International Class Program (ICP) yang diadakan Dikdasmen-PNF PWM Jateng.

"Alhamdulillah, SMP Muhammadiyah 1 Pati mendapat kepercayaan oleh Dikdasmen-PNF Jateng untuk dapat mengikuti beberapa agenda ICP, kesempatan langkah ini akan saya ambil untuk menambah pengalaman sekolah menuju sekolah'unggulan, dan semoga dengan adanya ICP ini dapat menambah kepercayaan kami bapak/ibu guru untuk meraih prestasi dan masyarakat akan lebih percaya kepada kami,' tutup Lintal Muna saat pimpin rapat jelang Asesmen Sumatif Akhir Tahun, Senin (5/6/23). (aa)

Komentar