Hadiri Acara Kesbangpol Pati, Supriyanto Berbicara Nilai-nilai Pancasila

(Foto: anggota DPRD Jateng Supriyanto ikuti acara Kesbangpol Pati di aula kantor Kesbangpol Kabupaten Pati Sabtu 29 Jul 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Kantor Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Pati bekerjasama dengan Kesbangpol Pemprov Jawa Tengah melaksanakan Pemasyarakatan dan Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila.

Kegiatan diikuti oleh beberapa perwakilan yang terdiri dari tokoh ormas dan tokoh kepemudaan di Pati yang diselenggarakan di aula Kebangpol Kabupaten Pati, Sabtu (29/7/23) pagi.

Kepala Kesbangpol Pati Sugiyono membuka acara diskusi tersebut. Sedangkan untuk narasumber penyelenggara mengundang dari anggota DPRD Provinsi Jateng, diantaranya Supriyanto (Golkar), Endro Dwi Cahyono (PDIP), dan Tazkiyatul Muthmainnah (PKB).

Supriyanto dalam kesempatan tersebut mengibaratkan Pancasila itu adalah pondasi, karena Pancasila sebagai dasar negara dalam membentengi dan mengahadapi ancaman.

"Pancasila itu dasar negara, ibarat rumah itu ya pondasi. Kita sepakat pendiri bangsa Indonesia itu Pancasila dalam rangka menuju bangsa yang kuat dalam menghadapi ancaman," kata Supriyanto.

Supaya menjadi jati diri bangsa dan karakter dalam membangun bangsa dibutuhkan renungan dan mengaktualisasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Pancasila sekarang harus dibumikan bukan hanya sekedar wacana, dan Pancasila untuk dipelajari secara detail tiap-tiap butir apalagi di era globalisasi seperti ini," imbuhnya.

Anggota komisi C DPRD Provinsi Jateng ini juga mengingatkan kepada peserta agar Pancasila tidak hanya dihafalkan, namun Pancasila harus ditanamkan pada diri kita bahkan harus mendarah daging.

"Tidak sekedar dihafalkan Pancasila itu, justru nilai-nilai Pancasila harus ditanamkan pada diri dan jiwa kita bahkan kalau bisa sampai mendarah daging. Karena mengamalkan Pancasila adalah untuk kemaslahatan bangsa," pungkasnya. (aa)

Komentar