SMP Muhi Pati Siap Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Tahun Pelajaran 2023-2024

(Foto: Pengawas SMP Muhammadiyah 1 Pati Suhartati, S.Pd. M.Si saat menyampaikan materi IHT IKM fi ruang Perpustakaan SMP Muhi Pati, Senin 3 Jul 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Guna meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Muhammadiyah 1 Pati  (SMP Muhi Pati) dilaksanakan In House Training (IHT) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) bagi guru-guru di ruang perpustakaan, Senin (3/7/23).

Kepala sekolah SMP Muhi Pati, Lintal Muna dalam arahannya ketika mengawali kegiatan workshop dan pelatihan, ia menuturkan bahwa kegiatan ini dapat menambah wawasan keilmuan dalam pembelajaran.

"Kegiatan IHT ini akan menambah wawasan keilmuan terkait pembelajaran, serta arahan bagaimana menerapkan Implementasi IKM di sekolahan," kata Lintal Muna.

Pentingnya agenda tersebut, Lintal Muna mengingatkan dan mengajak kepada dewan guru untuk mengikuti kegiatan ini dengan serius dan sampai tuntas.

Baca Juga: Ketua PCM Lama, Harno Terpilih Kembali untuk Memimpin Muhammadiyah Kayen

"Harus diseriusi, jika akan menjalankan IKM yang sesuai diharapkan dinas atau pemerintah," tegasnya.

Sedangkan, Suhartati, S.Pd. M.Si pengawas SMP Muhammadiyah 1 Pati sekaligus nara sumber pelatihan, mengatakan untuk menghadapi pesaing harus ada innovasi yang tidak pernah berhenti dan menunjukkan potensi sekolah.

"Jangan ragu untuk berinovasi, pesaing sangat luar biasa, jangan berkutat pada kelemahan, tapi menggali potensi atau kekuatan yang ada di dalam sekolah. Tunjukkan value/nilai sekolah, dan semuanya butuh innovasi," terang Suhartati.

Dalam menggali potensi atau kekuatan sekolah menurut Suhartati dibutuhkan dukungan sebuah kerjasama dan kolaborasi dalam internal sekolah

"Dalam berinovasi dibutuhkan dukungan kerjasama, kolaborasi di lingkungan sekolah atau antar guru," imbuhnya.

Materi workshop dan pelatihan IKM diantaranya Sosoalisasi Kurikulum Merdeka, Asesmen Kurikulum Merdeka, presentasi hasil diskusi kelompok, projek penguatan profil pelajar pancasila dan kerja kelompok. (aa)

Komentar