Hadiri Gebyar Batik Mina Tani, Dinporapar: Tugas Kita Bersama Nguri-Uri Budaya Pati

(Foto: Sekretaris Dinporapar Kabupaten Pati Endah Murwaningrum hadiri Fashion show Gebyar Batik Mina Tani 2023 di Pendopo Kabupaten Pati, Minggu 20 Agu 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Dalam rangka merawat dan melestarikan budaya serta identitas kedaerahan, DPC Gerakan Wanita Sukses Kab. Pati menggelar fashion show Gebyar Batik Mina Tani 2023 di Pendopo Kab. Pati, Minggu (20/8/23).

"Untuk melestarikan budaya asli Pati ini tentu dibutuhkan berbagai aksi nyata dan saya rasa Fashion Show Gebyar Batik Mina Tani ini adalah strategi jitu sebagai wujud kecintaan dan kepedulian kita kepada budaya asli daerah. Sehingga kami sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini. Juga konsep untuk mengedepankan ide-ide dan gagasan kreatif dalam memodifikasi kain batik menjadi sebuah karya yang bernilai tinggi juga bisa menjadi contoh  untuk mendongkrak perekonomian pada sektor ekonomi kreatif, tegas Kepala Dinporapar Pati yang diwakili oleh Sekretaris Endah Murwaningrum.

Lomba Fashion Show Gebyar Batik Mina Tani 2023 ini menyedot animo masyarakat Pati untuk ikut dan menyaksikan penampilan peserta lomba.

Baca Juga: Berikan Konsep Pilihan Pernikahan, Wedding Festival Digelar di Pati

Endah juga menambahkan bahwa Tugas kita bersama untuk Nguri-Uri Budaya asli Pati ini, apalagi pada tahun 2021, Batik Bakaran ditetapkan Kemendikbud menjadi warisan budaya tak benda, di saat yang bersamaan Desa Bakaran Wetan juga telah ditetapkan menjadi Desa Wisata.

"Jadi ini adalah sebuah pertanda bahwa batik sudah menjadi trend dan sudah diakui secara luas. Tentu saja ini adalah hal yang sangat membanggakan kita," aku Endah.

Peserta Fashion Show dibagi menjadi 4 kategori berdasarkan umur dan pemenangnya akan maju di Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Untuk ikut mendukung dan mensukseskan Fashion show ini juga diadakan acara bazaar UMKM dan beberapa produk sponsor. (red)

Komentar