Percepatan Penurunan Stunting Salah Satu Peran Aktif Kader Pembangunan Manusia

(Foto: rakor penanganan stunting tingkat kabupaten di ruang Bappeda Kabupaten Pati, Selasa 5 Sep 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Dinas Sosial P3AKB Kabupaten Pati melaksanakan kegiatan Koordinasi Penanganan Stunting Tingkat Kabupaten Pati sekaligus bimbingan teknis bagi Kader Pembangunan Manusia (KPM) di Ruang Rajawali Lantai 1 Bappeda Kabupaten Pati, Selasa (5/9/23).

Kegiatan dihadiri oleh Bappeda, Dispermades, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Program Pembangunan dan Pemberdayaan Desa (TAPM-P3MD), Kader Pembangunan Manusia.

Acara dibuka Kepala Bidang Keluarga Berencana, Bestyanti Ikhdinastri, dengan narasumber Slamet selaku Penggerak Swadaya Masyarakat bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Dispermades Kabupaten Pati dan Ade Siti Juariah selaku TAPM-P3MD.

Baca Juga: Permasalahan Sampah Segera Teratasi, Investor Australia Jajaki Kerjasama Pengolahan Sampah di Pati

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pehamaman terkait Percepatan Penurunan Stunting sesuai Perpres No 72 Tahun 2021, peran KPM dalam percepatan penurunan stunting di desa, serta pendataan melalui dashhboard e HDW 2.0 sebagai dasar laporan konvergensi pencegahan stunting desa. 

KPM diharapkan mampu berkoordinasi dan bermitra dengan Posyandu, Guru PAUD, Pemerintah Desa, Sekolah, dan KUA. KPM harus mampu mengolah dan menyajikan data secara manual dan aplikasi e HDW pada rembug stunting desa, forum desa, rapat koordinasi, tim pendamping keluarga.

Selain itu, KPM juga harus terlibat dalam Musdes, Forum Desa, Kegiatan Sosialisasi, serta memantau penerimaan layanan pada penerima manfaat dan melaporkan tingkat kovergensi layanan di desa. (red)

Komentar