Warga Kesulitan Air Bersih, Lembaga Resiliensi Bencana Bersama RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Bantu Air Bersih

(Foto: LRB Muhammadiyah Pati salurkan bantuan Air bersih di Desa Tlogorejo Jakenan, Senen 28 Agu 2023)

Kabarpatigo.com - PATI - Beberapa akhir ini Kabupaten Pati bagian selatan dilanda kekeringan, sehingga mengakibatkan masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan kesehariannya.

Wilayah yang mengalami kekeringan diantaranya Pucakwangi dan Jekenan, warga di kedua wilayah tersebut kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan air bersih.

Dalam hal ini Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) Muhammadiyah Pati bersama Lazismu, MDMC, dan RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah mengadakan Bakti Sosial dengan pendistribusian air bersih kepada masyarakat yang kesulitan air bersih.

"Kami dari LRB bersama Lazismu MDMC dan RSU Fastabiq Sehat PKU Muhammadiyah Pati sudah mengadakan pendistribusian air bersih di Desa Tlogorejo Kecamatan Jakenan pada hari Senin (28/8/23) dan Dukuh Putuk Desa Triguno Kecamatan Pucakwangi pada Rabu (30/8/23) yang lalu," kata Santoso ketua LRB Pati saat ditemui di kantor Muhammadiyah Pati, Jumat (1/9/23).

Baca Juga: Sebanyak 194 Desa di Pati Potensi Terjadi Kekeringan

Santosa menyampaikan dalam pendistribusian air bersih ini kami bekerjasama dengan pengurus atau kader Muhammadiyah di setiap Kecamatan dan juga dibantu karyawan AUM yang berada di lokasi yang mengalami kekeringan.

"Selama ini kami koordinasi dengan teman-teman karyawan baik di Lazismu, maupun Rumah Sakit Fastabiq sebagai koordinator lapangan atau yang berada dan berdekatan dengan lokasi kekeringan," sebutnya.

Dalam pendistribusian air bersih, LRB Muhammadiyah Pati dengan dibantu koordinator lapangan (Korlap) sudah mendata desa mana saja yang mengalami kesulitan dan membutuhkan air bersih.

"Jadwal distribusi air bersih sampai pekan depan suda ada, Insyaallah, hari ini setelah Jumatan, Jumat (1/9/23) kami akan mendistribusikan air bersih di dua desa di Kecamatan Jakenan, Tondokerto dan Plosojenar," pungkas Santoso. (aa)

Komentar