Puncak HKN-59, Pj Bupati Apresiasi Nakes Sebagai Garda Terdepan Pelayanan Kesehatan

(Foto: Upacara HKN ke 59 di Alun-alun Pati, Senin 13 Nov 2023)

Kabarpatigo.com - Bertempat di Alun-alun Kabupaten Pati. Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menjadi inspektur upacara dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-59. Upacara tersebut diikuti perwakilan tenaga kesehatan (nakes) se-Kabupaten Pati, Senin (13/11/23).

Dalam amanatnya, Pj Bupati Pati menyampaikan apresiasi kepada para nakes yang telah berjuang sebagai garda terdepan memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Menurutnya, para nakes memiliki peran penting atas pembangunan kesehatan khususnya di Kabupaten Pati.

Baca Juga: Inilah Hasil Undian Nomor Urut Capres 2024

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023 ini mengangkat tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju”.

Pj Bupati meminta tema tersebut harus dipahami sebagai pedoman untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Baca Juga: Pj Bupati Pati Wanti-wanti ASN Jaga Netralitas Pemilu 2024

Hal ini lantaran kesehatan masyarakat merupakan investasi yang penting untuk menuju Indonesia Maju.

Selaku inspektur upacara Henggar membacakan sambutan dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) mengenai enam pilar kesehatan.

“transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan teknologi kesehatan,” sebutnya.

Selain itu, ia menambahkan satu lagi yakni Transformasi Budaya kerja. Penambahan ini sangat diperlukan, lantaran jika tidak ada pembenahan mengenai petugas kesehatan maka akan sulit mewujudkan enam pilar kesehatan.

Sehingga ia terus menggalakkan budaya ini, agar enam pilar kesehatan benar-benar terwujud dan dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Pati.

"Mudah-mudahan bagaimana tadi amanat dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) apa yang harus kita lakukan di Kabupaten Pati ini, kita dapat bersinergi antara program dari pemerintah pusat dan program dari pemerintah daerah," tegasnya.

Ia juga berharap menuju Indonesia emas di tahun 2045 nantinya dapat segera terpenuhi. Serta, perlu diketahui masyarakat harus mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

Dalam kesempatan tersebut turut diserahkan penghargaan kepada pemenang lomba rangkaian peringatan HKN ke-59. (hms)

Komentar