Mantan ASN Dinas Pertanian, Ir Purwanto Caleg DPRD Pati Berikan Lima Isu Strategis Bidang Pertanian

(Foto: Ir Purwanto Caleg DPRD Pati Dapil V nomor urut 4 dari Partai Golkar)

Kabarpatigo.com - TAMBAKROMO - Calon Anggota DPRD Kabupaten Pati nomor urut 4 dari Partai Golkar Dapil V yang meliputi Gabus, Tambakromo, Kayen, dan Sukolilo, Ir Purwanto mengamati perkembangan sektor pertanian di Kabupaten Pati.

Purwanto melihat potensi sumber alam khususnya lahan pertanian dengan berbagai macam produk pertanian yang terhampar di wilayah Pati sangat strategis jika dikelola dengan benar dan tepat.

Alumni Universitas Tidar Magelang dengan menyandang gelar Insinyur ini menyampaikan isu-isu strategis dalam bidang pertanian di wilayah Kabupaten Pati,

Baca Juga: Tidak Tertarik Menjadi Petani, Milineal dan Gen Z di Pati Lebih Tertarik Sektor Industri

Berikut isu-isu strategis bidang pertanian di Kabupaten Pati:

1. Lahan Pertanian, Terjadinya genangan/banjir pada musim hujan dan kekurangan air baku pada musim kemarau.

2. Modal Usaha Tani, Kurangnya fasilitasi akses permodalan bagi petani/pekebun/peternak.

3. Prasarana Usaha Tani, Rusaknya jalan irigasi tingkat usaha tani, jaringan irigasi desa, jalan usaha tani, jalan produksi, dan embung.

4. Sarana Usaha Tani, Banyaknya penggunaan benih tidak bersertifikat, rumitnya penebusan pupuk bersubsidi, mahalnya harga pestisida. Serta kurangnya ketersediaan bibit ternak unggul dan populasi sapi betina produktif.

5. Budidaya, Rendahnya kemampuan petani/pekebun/peternak dalam mengendalikan 'ledakan' hama penyakit.

Sebagai anak Petani yang berdomisili di Desa Tambaharjo Kecamatan Tambakromo dan juga mantan ASN di lingkungan Dinas Pertanian, ia berharap lima isu strategis tersebut dapat dicarikan solusi.

"Inilah lima isu strategis bidang pertanian yang perlu dicarikan solusinya, kita pasti bisa," harap Purwanto.

Apalagi di Dapil V dimana nantinya akan menjadi penyambung aspirasi dari masyarakat yang mayoritas petani, pekebun, maupun peternak yang harus didampingi sehingga mendapatkan kelayakan dalam bertani, berkebun, maupun berternak. (aa)

Komentar