Sebanyak 3,1 Juta Lembar Surat Suara Pemilu 2024 Diterima KPU Pati

(Foto: ilustrasi)

Kabarpatigo.com - PATI - Sebanyak 3,1 juta lembar surat suara Pemilu 2024 tiba di gudang KPU Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang meliputi surat suara DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD Kabupaten, Sabtu (9/12/23).

"Surat suara Pemilu 2024 kami terima hari ini (9/12) pukul 07.00 WIB. Totalnya sebanyak 3.186.686 lembar yang terdiri atas surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten," kata anggota KPU Pati Haryono di Pati.

Ia mengungkapkan jutaan lembar surat suara tersebut diangkut menggunakan enam truk kontainer dengan total 6.378 koli.

Surat suara yang diterima, kata dia, termasuk surat suara pemungutan suara ulang sebanyak 5.000 lembar untuk DPRD Kabupaten di masing-masing daerah pemilihan (Dapil).

Untuk proses sortir dan pelipatannya, kata dia, menunggu instruksi dari KPU RI, mengingat KPU kabupaten lain juga banyak yang belum menerima surat suara Pemilu 2024.

Baca Juga: Surat Suara Pemilu 2024 Siap Dikirim, Bawaslu Pati Awasi Pengiriman Surat Suara dari Percetakan

Sementara untuk kebutuhan logistik pemilu lainnya, seperti kotak suara, bilik suara maupun kebutuhan logistik lainnya bisa mulai dipersiapkan untuk setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Untuk itulah, kata dia, pihaknya tengah menyusun kebutuhan petugas yang nantinya dilibatkan untuk pengemasan kebutuhan logistik masing-masing TPS, termasuk sortir dan pelipatan surat suara.

"Setidaknya, ketika dipersiapkan lebih awal kerusakan yang ditemukan bisa langsung diajukan gantinya ke perusahaan melalui KPU Provinsi," ujarnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pati Supriyanto mengakui ikut mengawasi pembongkaran surat suara, sesuai jumlah sebanyak 2.122 boks.

Selain itu, kata dia, pihaknya mengawasi bahwa tidak ada pelanggaran sesuai standar operasional prosedur yang harus dilaksanakan.

Untuk jumlah DPT Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Pati sebanyak 1.037.584 pemilih meliputi 509.738 pemilih laki-laki dan 527.846 pemilih perempuan. Sementara jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 4.402 TPS yang tersebar di 406 desa/kelurahan. (antara)

Komentar