Sebanyak 60 Santri SD Muhati Ikuti Tasmi' Hafalan Al Qur'an 1-8 Juz

(Foto: santri Putra SD Muhammadiyah Pati ikuti Tasmi' Alquran)

Kabarpatigo.com - PATI - Sebanyak 60 santri SD Muhammadiyah Pati (SD Muhati) mengikuti tasmi’ Al Qur’an yang digelar mulai hari senin, 8 Januari - 2 Februari 2024.

Acara pembukaan tasmi’ dilaksanakan di Aula SD Muhammadiyah Pati dengan dihadiri seluruh santri dan tamu undangan.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya ketua Majelis DIkdasmen dan PNF PDM Pati, Sutowo, M.Pd dan H. Subhan, M.Ag selaku Kasi Pondok Pesantren Kementrian Agama Kabupaten Pati yang sekaligus membuka acara Tasmi’ yang akan digelar kurang lebih 3 pekan ini.

Kegiatan pembukaan tasmi’ ini juga mengundang beberapa wali santri peserta Tasmi’. Salah satunya Walimurid dari ananda Kirana Rahma Aulian santri dengan hafalan terbanyak yaitu 8 Juz Al Qur’an dengan rincian juz 1-7 dan juz 30.

Dukungan dari orangtua yang memfasilitasi dan membantu ananda menghafal Alqur’an mampu mendorong ananda Kirana untuk menghafalkan Alqur’an dalam waktu singkat.

Bahkan dalam 1 tahun ini berhasil menghafal 4 Juz. Untuk menjaga hafalan supaya melekat, Kirana dan orangtua memiliki kiat khusus.

"Murojaah 1-2 juz setiap hari ba'da maghrib dengan mama," ujarnya saat ditanya kiat untuk menjaga hafalannya.

Para peserta dinyatakan telah memenuhi standar untuk menjadi peserta tasmi’ tahun ini. Adapun peserta tasmi’ terbagi menjadi beberapa kelompok.

Baca Juga: Lirik Sistem Satu Atap, Lazismu Jepara Silaturahmi dan Studi Banding Bersama Lazismu Pati

Ananda Kirana Rahma Aulian dengan hafalan 8 juz, Abdillah Nawwaf Alim dengan hafalan 5 Juz, Aleta Syahla Athaya dengan hafalan 4 Juz, Lula Berly Antoni dengan hafalan 3 ½ Juz, Mahira Hasna Kamila dan Valenia Shafa Sabrina dengan hafalan 3 Juz, Kiara Janitra Marwa A dengan hafalan 2 ½ Juz.

Baca Juga: Lazismu dan Unilever Jalin Kerja Sama untuk Mengurangi Korban Konflik Kemanusiaan

Peserta tasmi’ dengan hafalan 2 Juz yaitu Aldan Hafiz Maheswara, Muhammad Saifullah, Raihanah Azaria Bukhori, Asfa Fahmida Dzakira, Fatir Muhammad Ibra Z., Fathan Arsaka Zaki, Lintang Aprilia, Hasna Firdausy Ahla, Zara Kayla Nuryan, Caltha Zahida Marwa A. Adzkia Qaireen Abidah, Almira Nabil Izz Zahra.

Peserta dengan hafalan 1 ½ Juz yaitu Faeyza Kamil Permana, Avariella Almaira Edinda P., Fathiya Arzaki Zumaro, Iqbal Zulfikar Al Hanif, M. Rafif Raka Setiawan, Aretha Zyana Ramadhani, Alamsyah Anvaya Gibran, Kirana Nareswari, Khanza Fathina Suri, Gelsi Zhafira Laiqa, Annida Syasya Prasetiyo, Nurhan Fikri Al Ahnaf, Mahira Hasna Kamila.

Peserta dengan hafalan 1 ¼ Juz yaitu Keisa Nandita Fitriana, Hafsha Farzana Syakeera, Alleyvin Julian Arkhananta.

Sedangkan peserta dengan Hafalan 1 Juz dan Juz 30 yaitu Sahwahita Fawwas Kusuma, Filza Bagas Khoirunnizam, Akhtar Ismail Sarfaras, Ridwan Kaffa Qadama, Al Ghazali Kevin Kurniawan, Makayla Affiyanissa G., Nohan Abrar Fahrezi, Dizar Alghifari Haedy, Haidar Fachri Arsyad, Fahri Abdullah Said, Ammarullah Nabhan M, Mu’adz yufid Ar Royyan, Affan Maheswara K., Affan Maheswara K., Ilyas Danendra K., Almayra Syathira Reysha, Fatimah Azzahra, Khansa Aqila Rania Putri, Azkadina Chayla Nadhifa, Atsna Misya Almahira, Rafandra Artha Setya L, Kayyisa Elma Mazea, Alfath Arridhoha Amirun F., Daniswara Arkana W, Azka Riza Alfarizqi, Danis Ali Rahmatullah.

Tasmi’ tahun ini memiliki jadwal yang lebih lama dari tahun sebelunya karena selain jumlah pesertanya yang jauh lebih banyak, juga  mengefektifkan waktu tasmi’ sehingga para peserta tasmi’bisa mempersiapkan agenda ini dengan lebih matang.

Agenda seperti ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diperuntukkan untuk para siswa yang mengikuti Tahfidz Plus, yaitu ektra kurikuler Tahfidz yang mewadahi siswa untuk menghafal Alqur’an.

Dan juga diperuntukkan untuk santri PTQ Salman Al Farisi SD Muhammadiyah Pati. Baik Tahfidz Plus maupun PTQ adalah selain wadah dari sekolah untuk memfasilitasi siswa untuk memperkuat hafalan Alqur’an juga untuk memotivasi para siswa untuk lebih dekat dengan Al Qur’an.

Ustadz Ahmad Sunarto selaku Kepala Sekolah SD Muhammadiyah mengatakan anak-anak yang menghafal Al Qur’an adalah anak anak hebat yang menjadi investasi akhirat untuk dirinya dan orangtuanya. (red)

Komentar