Di Tengah Wabah Corona, Bupati Pati Musrenbang Dengan Video Conference

(Foto : Bupati Haryanto memimpin Musrenbang dengan video conference di Ruang Command Center Pati)

Kabar PatiGo.com - Pati - Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Pati, hari ini, digelar secara online melalui Group Whatsapp dan Faceboo.

Bupati Pati Haryanto mengikuti jalannya video conference Musrenbang bersama jajaran terkait di ruang Command Center Kantor Setda Kabupaten Pati, Sabtu (4/4/2020)

Menurut Bupati, Musrenbang online ini dilaksanakan untuk mensikapi perkembangan wabah Covid-19 di Kabupaten Pati sekaligus juga untuk menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri tanggal 23 Maret 2020 Nomor 440/2552/SJ tentang Pelaksanaan Musrenbang RKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota Tahun 2021.

Dalam arahannya bupati menyampaikan bahwa Munsrenbang ini merupakan media perencanaan pembangunan yang dilaksanakan dengan mengacu pada visi dan misi Bupati-Wabup yang telah tertuang dalam Peraturan Daerah yaitu Meningkatnya Kesejahteraan Masyarakat dan Pelayanan Publik.

"Mengingat perencanaan yang kita susun itu nilainya lebih besar daripada pendapatan yang kita peroleh maka untuk perencanaan pembangunan 2021, kita akan fokus pada skala prioritas apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Kabupaten Pati", ungkapnya.

Haryanto juga menegaskan bahwa  Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Pati Tahun 2021 ini merupakan tahun ketiga dari tahapan RPJMD Kabupaten Pati Tahun 2017-2022, yang mengambil tema “Merata Bersama".

"Maksudnya adalah pemerataan pembangunan antar wilayah menuju pembangunan yang inklusif, memenuhi pelayanan dasar dengan menjaga lingkungan yang berkelanjutan",lanjutnya.


(Foto : Bupati Pati sedang mengikuti video conference)

Bupati pun menyampaikan tiga isu strategis dan prioritas pembangunan daerah yang akan diusung di dalamnya.

Tiga prioritas itu, yang pertama ialah pemerataan kualitas SDM dan kesejahteraan masyarakat. Kedua, peningkatan daya saing daerah berbasis potensi lokal dengan memperhatikan keberlangsungan lingkungan hidup. Ketiga ialah tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik terintegrasi.

"Adapun pelaksanaannya akan dilakukan bersama-sama melalui program dan kegiatan prioritas seluruh Perangkat Daerah di Kabupaten Pati", tegasnya. (Red)

#humaskabpati #BupatiPati #pemkabpati #haryanto

Komentar