Sebanyak 853.374 Orang di Pati Akan Disuntik Vaksin SINOVAC

(Foto: Bupati Haryanto saat disuntik vaksin)

Kabarpatigo.com - PATI - Bupati Pati, Haryanto menjadi orang pertama yang menerima suntik vaksin SINOVAC di RSUD Soewondo pada hari Senin (25/1/21). Dokter yang memberikan vaksin kepada Bupati adalah dokter Slamet Sutaryo.

Vaksinasi kemudian dilanjutkan kepada Forkopimda Kabupaten Pati diantaranya Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kapolres Pati, Dandim 0718/Pati, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala serta Kejaksaan Negeri, dan tokoh agama di kabupaten Pati Ketua PCNU, Ketua PD Muhammadiyah, dan Ketua Badan Kerjasama Kristen-Katolik.

Di Kabupaten Pati tercatat 3.376 kasus terkonfirmasi Covid-19 dengan jumlah kasus meninggal telah mencapai 302 orang.

Pandemi Covid-19 juga berdampak besar pada perekonomian yaitu daya beli masyarakat yang menurun, menimbulkan ketidakpastian berkepanjangan pada dunia usaha, serta pelemahan ekonomi.

"Oleh karena itu diperlukan bentuk intervensi lain yang efektif untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit, salah satunya melalui upaya vaksinasi. Hal ini penting untuk mengurangi transmisi/penularan COVID-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity), dan melindungi masyarakat agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi," jelas dokter Joko selaku perwakilan dari Dinas Kesehatan.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa pelaksanaan vaksinasi akan terbagi di 44 Faskes, di antaranya 29 Puskesmas; 10 Rumah Sakit; 2 Klinik TNI/Polri, dan 2 Klinik Ptatama serta 1 Balkesmas.

Kemudian dokter Joko juga menjelaskan target vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Pati akan menyasar total sebanyak 853.374 orang.

Dimana terdiri dari Tenaga kesehatan sebanyak 6.313 orang, Pelayanan publik sebanyak 41.252 orang, Masyarakat umum dan pelaku ekonomi sebanyak 198.513 orang, Masyarakat lansia sebanyak 187.044 orang dan Masyarakat rentan sebanyak 420.252 orang.

"Proses vaksinasi tentunya akan dilaksanakan secara bertahap. Untuk tahap I akan dilaksanakan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan sebagaimana dituliskan sebelumnya, yaitu sejumlah 6.313 orang dan Tokoh Publik sejumlah 10 orang. Dengan jumlah vaksin yang telah diterima saat ini sebanyak 13.720 vial merk SINOVAC dengan Expired Date November 2023," lanjutnya.

Bupati Haryanto, dalam sambutannya memohon dukungan dan doa restu dari seluruh masyarakat agar pencanangan vaksinasi dapat berjalan lancar.

"Perlu diingat juga, meski sudah divaksin, tetap taati  Prokes. Jangan mentang-mentang sudah vaksinasi, lantas menjadi acuh dan melanggar Prokes. Tetap disiplin Protokol Kesehatan," tandas Bupati. (red)

#Haryanto

Komentar