Kades PAW Dilantik, Bupati: Segera Siapkan RPJMDes, dan Susunlah APBDes

(Foto: Bupati Pati Haryanto saat melantik kades PAW di pendopo kabupaten Pati, Jumat 29 Okt 2021)

Kabarpatigo.com - PATI - Bertempat di Pendopo Kabupaten Pati, Bupati Pati Haryanto, melantik enam Kades Pengganti Antar Waktu (PAW), Jumat (29/10/21).

"Masa jabatan Kades PAW ini enam tahun, melanjutkan masa jabatan Kades terdahulu. Jika Kades reguler dipilih oleh seluruh warga desa yang punya hak pilih, maka Kades PAW dipilih oleh perwakilan warga," ujar Haryanto.

Kepada para Kades PAW terpilih, Bupati mengucapkan selamat mengemban amanah.

Ia berharap para Kades PAW dapat segera melaksanakan segala tugas dan kewajiban. Utamanya terkait pelayanan masyarakat.

"Segera siapkan RPJMDes dan susunlah APBDes," ujarnya.

"Berhati-hati lah dalam mengemban tugas. Jangan nodai kepercayaan masyarakat. Pesan saya, BLT jangan dibagi rata, tapi harus tepat sasaran," tegas Haryanto.

Menurutnya, seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan, sehingga BLT hanya diserahkan pada yang berhak.

Di hadapan para Kades PAW, kepala daerah ini juga meminta agar mereka dapat bersikap baik dan berperilaku bijak, sehingga akan tercipta suasana yang kondusif di desa.

Disamping itu, imbuhnya, seorang Kades harus dapat mengayomi dan melayani masyarakat tanpa membedakan latar belakangnya.

Tak selesai sampai di situ, Haryanto juga mengajak para Kades terpilih agar langsung tancap gas dalam membantu Pemkab menangani Covid-19 di masing-masing desa yang dipimpinnya. Terlebih kini Pemkab sedang gencar menggenjot cakupan vaksinasi.

"Apapun kalau kita kerjakan dengan kebersamaan maka insya Allah kendala yang ada akan terselesaikan. Secara umum program vaksinasi sudah berjalan baik, bahkan 160 ribu vaksin AstraZeneca juga sudah selesai disuntikkan, dan Senin nanti kita akan punya vaksin yang banyak, sehingga bisa kembali menggenjot program vaksinasi," tutur Bupati.

Terkait usulan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Haryanto menjawab, bahwa pihaknya baru akan mengizinkan PTM jika 14 hari pasca tahun baru, Pati tetap aman dan tak ada cluster baru Covid-19.

Di akhir sambutannya, Haryanto meminta Kades PAW terpilih, untuk segera silaturahmi dan melakukan konsolidasi dengan para perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat, agar program kerja dapat segera terlaksana dan semua warga terlayani dengan baik.

"Tak lupa kami ucapkan terima pula pada Pj Kades, Camat, Muspika, dan semua pihak  yang telah mendukung pelaksanaan Pilkades antar waktu, sehingga semua dapat berjalan  kondusif dan lancar," pungkasnya. (red)

#Haryanto

Komentar