Kota Pati dengan 5 Keunikan yang Jarang Diketahuinya

(Foto : pentol Godi bagian selatan kota Pati)

Kabarpatigo.com - PATI adalah salah satu kota kecil yang berada di kawasan Pantura Timur Jawa Tengah. Walaupun kecil dan cenderung sedikit terlupakan, kota itu sebenarnya menyimpan banyak keunikan yang tidak dimiliki kota-kota lainnya di Pulau Jawa.

Dari ibu kota Jawa Tengah Kota Semarang, kurang lebih makan waktu dua jam ke arah timur melalui jalur pantura, melewati Demak dan Kudus. Tempat ini adalah kota kecil yang adem ayem. Nggak terlalu dingin, tapi juga nggak sepanas Semarang.

Kota Pati tetap berkembang pesat dari tahun ke tahun. Beberapa bangunan didirikan sebagai simbol kemajuan. Tempat wisata juga dikembangkan agar dilirik dan bisa jadi destinasi wisata. Sebagai orang Pati, saya merasa jika kota saya ini memiliki keunikan tersendiri.

Salah satu keunikan yang dimilikinya adalah julukan yang cukup banyak dan bermacam-macam, mungkin jarang ditemukan di tempat lain. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. Kota Para Pensiunan

(Foto: batas kota Pati di bagian barat)

Letaknya yang berada cukup jauh dengan kota-kota besar membuat suasana di Pati begitu tenang dan damai. Maka tak heran, Pati tumbuh menjadi kota yang dihuni para pensiunan yang ingin menikmati hari-hari tuanya dengan damai.

Tak hanya yang berasal dari Pati, bahkan para pensiunan dari daerah lain ingin menghabiskan masa tuanya di Pati.

Namun beberapa waktu belakangan, image itu ingin dihapus oleh pemerintah daerah setempat. Mereka menggelar berbagai macam acara berskala nasional yang bisa memajukan perekonomian daerah setempat.

2. Bumi Mina Tani

(Foto: patung kuda di kota Pati)

Sebagai sebuah wilayah, Kabupaten Pati memiliki sebuah semboyan yaitu “Bumi Mina Tani”. Selain memiliki arti bahwa Pati memiliki lahan sawah yang cukup luas, makna “Bumi Mina Tani” juga merupakan akronim Berdaya-Upaya-Menuju-Identitas-Makmur-Ideal-Normatif-Adil-Tertib-Aman-Nyaman-Indah.

3. Kota Kacang

(Foto: ilus uptrasi)

Salah satu ciri khas wilayah Pati adalah julukannya sebagai Kota Kacang. Dilansir dari Patikab.go.id, Kabupaten Pati merupakan daerah pengolahan kacang terbesar di Indonesia.

Bahkan dua merek industri kacang terkenal di Indonesia berada di Pati, yaitu Kacang Garuda dan Kacang Dua Kelinci.

4. Punya Banyak Potensi Wisata

(Foto: wisata Gunung Rowo Gembong Pati)

Walaupun sebagian besar wilayahnya berada di dataran rendah, namun beberapa bagian wilayah Pati terletak di lereng Gunung Muria.

Hal inilah yang membuat tempat itu memiliki beberapa wisata alam seperti air terjun, goa, hutan pinus, serta beberapa waduk yang terletak di lereng pegunungan, selain itu Pati juga memiliki keindahan pantainya dengan wisata Pantai Kertomulyo.

Selain itu, Pati juga kaya akan wisata kuliner. Beberapa makanan khas Pati adalah Sego Gandul, Sego Tewel, Soto Kemiri, Gethuk, Wedang Coro, Bandeng Presto Juwana, dan lain sebagainya.

5. Kota mistik

(Foto; ilustrasi)

Kabupaten Pati mendapat julukan kota mistik karena di tempat itu banyak terdapat masyarakatnya yang menekuni ilmu-ilmu mistis. Selain itu, dari tempat inilah banyak lahir para ahli supranatural yang bahkan ada yang terkenal di Indonesia.

Selain dukun supranatural, di Pati pula terdapat berbagai dukun yaitu dukun melahirkan, dukun pijat, dan berbagai jenis dukun lainnya. (red)

#Patiwisata


Komentar