DKK Pati dan Karang Taruna Kabupaten Pati Lakukan Penguatan Jaringan Untuk Percepatan Vaksinasi

(Foto: Karang Taruna Kabupaten Pati bersama DKK Pati buka kerjasama dalam percepatan vaksinasi di kabupaten Pati, yang diadakan di RM Mutiara Wisata Gunung Rowo Gembong, Sabtu 6 Nov 2021)

Kabarpatigo.com - GEMBONG - Mensikapi tingkat capaian vaksinasi di Kabupaten Pati yang masih di bawah 50%, DKK (Dinas Kesehatan Kabupaten) Pati menggandeng Karang Taruna Kabupaten Pati, untuk penguatan jejaring dan jaringan dalam percepatan vaksinasi.

Kegiatan yang bertempat di aula pertemuan RM. Mutiara komplek obyek wisata Gunung Rowo, dihadiri perwakilan pengurus Karang Taruna Kabupaten, dan perwakilan pengurus dari 21 Karang Taruna Kecamatan se-Kabupaten Pati. Sabtu, (6/11/21)

Heni Rahmawati SKM. MM. Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Kesehatan Dinkes Pati, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Karang Taruna bisa berpartisipasi dan membantu Dinkes dalam mengatasi permasalahan kesehatan di wilayah Pati.

"Hari ini kita adakan kegiatan penguatan jejaring dan jaringan yang kita khususkan bekerjasama dengan Karang Taruna Kabupaten Pati, yang diharapkan Karang Taruna bisa berpartisipasi membantu Dinkes Pati mengatasi berbagai permasalahan kesehatan di Kabupaten Pati, khususnya saat ini bisa membantu percepatan vaksinasi yang masih di bawah 50%," katanya.

Kegiatan pada hari ini merupakan kegiatan kedua lanjutan dari kegiatan pertama yang diselenggarakan di Aula Kantor Dinas Kesehatan lantai 3, Senin 1/11 lalu.

"Ini adalah upaya diskusi sehingga nanti kolaborasi antara Dinkes dan Karang Taruna Kabupaten Pati bisa berjalan baik, bisa menelurkan bentuk kegiatan yang sederhana dan efektif yang bisa dijalankan secara berkesinambungan. Tidak hanya masalah Covid-19, tetapi juga permasalahan kesehatan lainnya, sehingga upaya upaya itu tidak jauh dari Germas (Gerakan Masyarakat Sehat), PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan SEHAT) dan lain-lain," imbuh Heni.

Pada kesempatan yang sama, Dias Ardian Purnomo, Sekretaris Karang Taruna Kabupaten Pati, dalam kata-kata pengantar menjelaskan, Karang Taruna mulai dari desa dan kecamatan selalu dukung percepatan vaksinasi di kabupaten Pati.

"Pada intinya seluruh jajaran karang taruna mulai dari kabupaten, kecamatan, dan desa siap mendukung percepatan vaksinasi di Kabupaten Pati, yang dalam wujud nyatanya, karang taruna siap dilibatkan dengan semua elemen untuk memberikan sosialisasi terutama menangkal adanya hoax yang selama ini menjadi penghambat percepatan vaksinasi. Dan diharapkan teman-teman karang taruna bisa membantu sosialisasi di bawah dan di sosial media dengan cara yang kreatif informatif," ujar Dias.

Dalam diskusi tersebut, kendala senada disampaikan dari beberapa perwakilan Pengurus Karang Taruna Desa & Kecamatan, yaitu partisipasi peserta vaksinasi kelompok lansia masih sangat rendah, baru 33%.

Hal itu diduga akibat berita hoax yang beredar dari mulut ke mulut, bahwa vaksinasi bisa menyebabkan kematian, orang sehat jadi sakit dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan itu pula, Aris Heru Prasetyo selaku Wakil Ketua Karang Taruna Kabupaten Pati memaparkan. Karang Taruna selalu mengikuti arahan ketua umum Karang Taruna Saiful Arifin, yakni harus menjadi garda terdepan dalam percepatan vaksinasi di Pati.

"Karang Taruna di setiap jajaran, mulai kabupaten, kecamatan dan semua desa se-Kabupaten Pati, sesuai arahan dari Ketua Umum, Haji Saiful Arifin, bahwa Karang Taruna harus bisa menjadi garda terdepan dalam percepatan vaksinasi di Kabupaten Pati maupun kegiatan yang berhubungan dengan PHBS masyarakat," terang Heru

"Menanggapi usulan usulan dari teman karang taruna kecamatan maupun desa, kami Karang Taruna Kabupaten akan berkoordinasi dengan Dinkes, untuk merealisasikan usulan kegiatan yang dianggap paling relevan dan berkelanjutan, misalnya kegiatan vaksinasi yang dikemas dibarengi dengan hiburan kesenian kearifan lokal, sehingga tercipta suasana yang santai menyenangkan tidak tegang," jelas Aris.

Lebih lanjut Aris meminta seluruh jajaran Karang Taruna ikut mendata dan mengawal capaian vaksinasi kelompok lansia yang masih dibawah 40%.

Hasil giat yang bertema 'Penguatan Jaringan dan Jejaring Dalam Percepatan Vaksinasi Bersama Karang Taruna' yang diprakarsai oleh Dinkes Kabupaten Pati, disepakati Karang Taruna di setiap tingkatan akan membantu pemerintah dalam mempercepat capaian vaksinasi, dengan cara menggencarkan sosialisasi di media sosial, mencoba mengemas penyelenggaraan vaksinasi dengan dibarengi hiburan kesenian agar lebih menarik sehingga peserta vaksinasi meningkat.

"Tak lupa kami Karang Taruna Kabupaten Pati beserta seluruh jajaran mengucapkan banyak terimakasih kepada ibu Heni dari Dinkes Pati, yang tak bosan-bosannya menyapa Karang Taruna di berbagai kegiatan, termasuk kegiatan pada hari ini. Semoga kedepan antara Karang Taruna dengan Dinkes Pati dan instansi terkait lainnya bisa selalu bersinergi dalam kegiatan-kegiatan untuk kebaikan dan kemajuan Kabupaten Pati," pungkas Aris. (red)

#KarangTarunaPati

Komentar