Muhammadiyah Pati Berencana Shalat Idul Fitri 1443 H di Stadion Joyo Kusumo Pati

(Foto: Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pati)

Kabarpatigo.com - PATI - Setelah dua tahun tidak menyelenggarakan shalat Idul Fitri di Joyo Kusumo, akhirnya Muhammadiyah Pati tahun ini bisa menyelenggarakan shalat Idul Fitri 1443 H di halaman stadion Joyo Kusumo Pati.

Hal ini disampaikan ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pati, Moh. Asnawi. Tahun ini shalat Idul Fitri 1443 H bisa diselenggarakan di halaman stadion Joyo Kusumo Pati pada hari Senin 2 Mei 2022.

"Karena sudah mendapat Surat Jawaban dari Sekda Kabupaten Pati atau Satgas Covid-19. Maka PDM insyaallah akan menyelenggarakan sesuai dengan tanggal yang dimaksud tadi," kata Asnawi.

Kepastian ini setelah Muhammadiyah Pati menerima surat Rekomendasi dari Bupati melalui Sekda Pati atau Satgas Covid-19 Kabupaten terkait pelaksanaan shalat Idul Fitri 1443 H pada tanggal 14 April 2022 Nomor ; 337/1036, sifat: segera, perihal: Rekomendasi.

Dalam surat Rekomendasi tersebut ada hal-hal yang harus diperhatikan oleh panita penyelenggara shalat Idul Fitri, diantaranya; menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, jamaah dalam kondisi sehat, menjaga jarak, menjaga ketertiban dan keamanan, dan semua yang terlibat pada kegiatan tersebut sudah melakukan vaksin.

Sesuai Maklumat PP Muhammadiyah hari raya Idul Fitri 1443 H jatuh pada 1 Syawal 1443 H yang bertepatan dengan 2 Mei 2022 M.

Dikarenakan masih suasana pandemi Covid-19, Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1443 H akan tetap mematuhi apa yang disarankan PP Muhammadiyah dan Pemerintah. Hal ini tercantum dalam surat edaran Muhammadiyah Nomor 01 Tahun 2022 soal panduan ibadah saat Ramadhan.

(Foto: spanduk sholat Idul Fitri 1443 H)

"Untuk pelaksanaannya harapannya tetap nanti pakai protokol kesehatan, intinya untuk demi kenyamanan, ketentraman, keselamatan jamaah semuanya, harapannya kedepan semoga pandemi ini bisa segera usai dan kita bisa beraktivitas seperti dalam kondisi normal," imbuh Asnawi.

Sementara itu ketua panitia penyelenggara shalat Idul Fitri Muhammadiyah Pati, Jaka Murapriyanta, untuk menjaga lancarnya pelaksanaan shalat Id sesuai anjuran Pemerintah, panitia akan memberikan fasilitas prokes.

"Insya Allah panitia akan memfasilitasi untuk pemenuhan Prokes dengan menyediakan antara lain: Thermogun, Handsanitizer dan masker di pintu masuk utara dan selatan," sebut Apri.

Selain itu dari pihak panitia juga mengingatkan dan menghimbau kepada warga masyarakat yang akan ikut hadir shalat Id di halaman Joyo Kusumo untuk memastikan kondisi badannya sehat

"Bagi masyarakat atau para jamaah ketika berangkat benar-benar dalam kondisi sehat, sudah mengenakan masker dan ketika memasuki area dimohon untuk ukur suhu tubuh terlebih dahulu, ketika suhunya diatas 37,5 dimohon untuk tidak melanjutkan jamaah sholat Idul Fitri di halaman lapangan Joyo Kusumo," himbau Apri.

"Sedangkan bagi jamaah yang merasa tidak enak badan karena flu, batuk atau demam tinggi untuk tidak hadir ikut berjamaah demi keselamatan yang bersangkutan maupun orang lain," tegasnya.

Adapun shalat Idul Fitri 1443 H di halaman stadion Joyo Kusumo Pati digelar pada hari Senin, 2 Mei 2022 pukul 05.30 WIB, bertindak sebagai Imam dan Khatib Shalat Id Ustadz H. Arrova Bakhtiar, S.Th I, M.H. (aa)

#MohammadAsnawi

(Foto: pengumuman dan Himbauan Muhammadiyah 1 Syawal 1443 H & Mudik)

Komentar