Kelurahan Pati Wetan Dicanangkan Bupati Sebagai Kampung Pancasila

(Foto: Bupati Pati Haryanto saat penandatanganan prasasti)

Kabarpatigo.com - PATI - Bupati Pati Haryanto didampingi Wakil Bupati Pati Saiful Arifin serta Forkompimda menghadiri Pencanangan Kampung Pancasila di Kelurahan Pati Wetan Kecamatan Pati, Selasa (7/6/22).

Pencanangan dilakukan Bupati di Pendopo TK Pertiwi dengan disambut tari gambyong.

Bupati Haryanto menyampaikan, tujuan pencanangan Kampung Pancasila ini adalah untuk menggaungkan nilai-nilai Pancasila, agar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masyarakat tidak mudah terpecah belah oleh intoleransi.

Ia menyebut, di Kelurahan Pati Wetan ini, adalah pencanangan Kampung Pancasila ke 22 yang telah dicanangkan. Dengan rincian satu kampung Pancasila dalam setiap kecamatan.

"Oleh karena itu agar Pancasila ini dibumikan, agar seluruh lapisan masyarakat mengerti. Karena persatuan dan kesatuan ini awalnya dari Pancasila," kata Haryanto.

(Foto: Bupati Pati Haryanto mencanangkan Kelurahan Pati Wetan sebagai Kampung Pancasila)

Maka dari itulah, lanjut Haryanto, semangat kebangsaan yang terbingkai dalam Bhinneka Tunggal Ika harus senantiasa dijaga bersama agar dapat membentengi diri dari terjadinya konflik sosial dan degradasi moral yang sengaja ingin merusak dan memecah belah persatuan.

"Tentunya kita tidak hanya melakukan seremonial seperti ini, tetapi juga harus diikuti oleh tandang, tanduk, tingkah laku di masyarakat. Karena kalau sudah memiliki jiwa Pancasila itu ya tidak ada saling hujat, saling memaki tetapi harus saling mendukung, saling membantu satu sama lain," tandasnya.

Acara pencanangan Kampung Pancasila ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Wakil Bupati Saiful Arifin yang dilanjutkan dengan penyerahan simbol Garuda Pancasila.

Bupati juga melakukan peninjauan lokasi mural yang berada di gang gapura Getaan yang sebelumnya diawali dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti sebagai tanda peresmian Kampung Pancasila. (red)

#Haryanto

Komentar